Jumat, 26 April, 2024

Anies: Ancaman Mengganti Pancasila dengan Komunis Itu Nyata

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, kalau ancaman untuk mengganti ideologi Pancasila menjadi ideologi komunis adalah nyata bukan fiksi. Hal tersebut dikatakan Anies saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun di Lapangan Silang Monas Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (1/10).

Oleh karenanya, Anies mengajak seluruh masyarakat agar menjadikan momen hari Pancasila sebagai alarm untuk selalu waspada dan memperhatikan tanda-tanda serta kemungkinan adanya usaha yang ingin menjatuhkan Pancasila.

“Hari ini kita memperingati hari kesaktian Pancasila, ini mengingatkan kita bahwa ancaman penggantian ideologi Pancasila dengan komunis itu nyata. Itu bukan fiksi, tapi itu adalah kenyataan, dan itu sudah berulang kali,” ujar Anies.

“Karena itu peringatan ini juga harus mengingatkan kita untuk selalu waspada, selalu memperhatikan tanda-tanda kemungkinan untuk ada usaha-usaha penggantian seperti itu,” sambung Anies.

- Advertisement -

Menurut Anies, langkah paling ampuh mempertahankan pancasila dari ancaman ideologi lain adalah dengan merawat Pancasila.

Butir-butir Pancasila harus dijalankan dalam kesaharian terutama sila kelima yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ia juga meyakini, bila sila ini diimplementasikan dengan baik di tengah masyarakat, maka Ideologi baru yang hendak diusung kelompok tertentu bakal mental dengan sendirinya.

“Insya Allah, ideologi apapun bisa kita tanggal kalau kita selalu mengamalkan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Anies.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER