Kementerian ESDM Raih BKN Awards 2019

18
Kementerian ESDM Meraih penghargaan BKN Awards 2019

MONITOR, Yogyakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menerima penghargaan atas kinerja terbaiknya. Kali ini catatan prestasi ditorehkan atas Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun terbaik Tingkat Kementerian yang disampaikan dalam “BKN Awards 2019” dari Badan Kepegawaian Negara yang diselenggarakan dalam rangkaian Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian di Yogyakarta.

“Alhamdulillah hari ini kami kembali dianugerahi penghargaan pada BKN Awards Tahun 2019 untuk kategori Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun terbaik Tingkat Kementerian, menunjukkan upaya terus menerus dari pengelola Sumber Daya Manusia (SDM) dalam meningkatkan layanan kepegawaian di Kementerian ESDM,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial usai menerima penghargaan tersebut di Yogyakarta Marriot Hotel (25/9).

Lebih lanjut Ego menyampaikan, raihan penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi kepada para pengelola kepegawaian unit untuk memberikan pelayanan administrasi kepegawaian lebih baik lagi.

BKN Awards adalah penghargaan yang diberikan kepada Instansi dengan kategori tunggal sebagai pengelola kepegawaian terbaik dengan indikator memenuhi seluruh 7 (tujuh) kriteria, yang meliputi perencanaan formasi; pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun; implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK); implementasi Computer Assisted Test (CAT); penilaian kompetensi, penilaian kinerja, dan komitmen pengawasan. Sementara untuk BKN Award 2019, 7 (tujuh) kriteria tersebut dibagi ke dalam 5 (lima) bagian, di antaranya:

1) Kategori I, Perencanaan Formasi & Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan, dan Pensiun

2) Kategori II, Implementasi SAPK & Pemanfaatan CAT

3) Kategori III, Penilaian Kompetensi

4) Kategori IV, Implementasi Penilaian Kinerja

5) Kategori V, Komitmen Pengawasan

Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian dibuka oleh Kepala BKN dan didampingi Sekretaris Kementerian PAN dan RB serta juga menghadirkan Gubernur DI Yogyakarta dan Yudi Latief sebagai Keynote Speaker dan sekitar 1500 perwakilan Kementerian/Lembaga dan perwakilan Pemerintahan Pusat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.