Jumat, 29 Maret, 2024

Anies Berjanji Tindak Pabrik Penyebab Polusi di Jakarta

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan menindak tegas pabrik pembakaran arang dan peleburan timah di Cilincing, Jakarta Utara yang diduga menjadi penyebab polusi.

“Jadi kita akan tindak tegas semua yang melakukan pelanggaran, dan ketika pelanggaran itu masuk wilayah ranah hukum pidana maka kita serahkan kepada kepolisian. Ketika pelanggaran masuk ranah Perda, maka kami akan berikan sanksi,” kata Anies, Kamis (19/9).

Dia juga menegaskan akan memberikan sanski yang sesuai terhadap pihak yang bersalah atas limbah pabrik ini.

Untuk sekolah yang sudah terkena limbah pabrik, Anies menuturkan bahwa filter udara sudah mulai dipasang pada setiap ruang kelas.

- Advertisement -

Ini diharapkan agar para siswa bisa kembali menghirup udara yang sehat selama belajar di sekolah.

“Bahkan kalau teman-teman datang ke sana, sebagian sudah dipasang filter. Mungkin hari ini semua tuntas dipasang filter-filter, sehingga apapun kondisi di luar, minimal di sekolah anak-anak bisa hirup udara bersih,” ucap Anies.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan DKI Jakarta, Andono Warih menyebut dua pabrik yang diduga melanggar aturan terkait polusi udara telah disegel. Kedua pabrik tersebut merupakan industri perajin aluminium.

“Kemarin wali kota bekerja sama dengan Polres Jakarta Utara melakukan penyegelan terhadap industri kecil pengolahan aluminium,” kata Andono di Balai Kota, Jakarta Pusat.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER