Siang Ini, DPR Gelar Sidang Paripurna Capim KPK Terpilih

17
Foto gedung MPR monitor.co.id

MONITOR, Jakarta – DPR RI menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan da mengambil persetujuan lima calon pimpinan (Capim) KPK hasil uji kelayakan dan kepatutan yang digelar Komisi III DPR RI, pada Senin (16/9) siang nanti.

Berdasarkan jadwal yang diterima awak media, rapat paripurna rencananya akan digelar mulai pukul 13.00 WIB.

Persetujuan DPR terhadap lima pimpinan terpilih KPK dimulai dari laporan pimpinan Komisi III tentang hasil uji kelayakan dan kepatutan, serta pemilihan pimpinan KPK. Rencannya laporan tersebut rencananya akan dibacakan oleh Wakil Ketua Komisi III Erma S. Ranik dari fraksi Partai Demokrat.

Seperti diketahui, Komisi III DPR telah memilih lima dari 10 nama hasil pilihan panitia seleksi (Pansel) KPK. Pimpinan DPR akan meminta persetujuan dari forum rapat paripurna dan kemudian menyetujuinya, dan kemudian akan disampaikan oleh pimpinan DPR kepada Presiden untuk dilantik menjadi pimpinan KPK definitif periode 2019-2023.

Kelima nama pimpinan terpillih KPK ialah Firli Bahuri yang ditetapkan sebagai Ketua KPK yang berasal dari institusi Polri. Lalu, nama para wakil ketua terpilih KPK yakni Nawawi Pomolango (hakim); Alexander Marwata (petahana); Nurul Ghufron (dosen hukum); dan Lili Pintauli Siregar (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban).

Selain menyetujui pimpinan terpilih KPK, paripurna juga bakal mengambil keputusan tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) Perkawinan. Agenda strategis lainnya yakni penetapan nama-nama anggota panitia khusus (Pansus) tentang pemindahan Ibu kota. Tidak hanya itu, DPR juga akan menetapkan nama-nama anggota Pansus dan RUU tentang Keamanan dan Ketahanan Siber, Laporan Hasil Kerja BAKN DPR RI tahun2018-2019. Kemudian, laporan tim pengawas DPR RI terhadap perlindungan pekerja Migran Indonesia. Laporan Tim Pengawas terhadap pelaksanaan penanganan bencana.