Sabtu, 27 April, 2024

Uji Makalah, Komisi III DPR: Jadi Bahan Pendalaman FNP Capim KPK

MONITOR, Jakarta – Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsuddin mengungkapkan, uji makalah yang diikuti oleh 10 calon pimpinan (Capim) KPK akan menjadi salah satu bahan pendalaman bagi anggota komisi dan fraksi partai politik dalam fit and proper test (FNP) calon pimpinan (Capim) KPK periode 2019-2023.

Seperti diketahui, rencananya, fit and proper test akan digelar komisi III DPR, pada Rabu-Kamis, besok.

“Makalah ini nantinya akan didalami oleh seluruh anggota dan fraksi-fraksi pada esok hari pada tanggal 10, dan akan kami dalami hasil-hasil dari Pansel untuk bahan fit and proper, pada tanggal 11 dan 12,” ucap Aziz di Ruang Rapat Komisi III DPR, Senayan, Senin (9/9).

Ia pun mengatakan bahwa mekanisme fit and proper test akan ditentukan berdasarkan nomor urut yang telah dipilih secara acak bersamaan dengan pemilihan tema makalah yang diujikan pada siang hari ini.

- Advertisement -

“Dan besok pada fit and proper test akan kami bagi berdasarkan atas nomor urut yang telah diambil untuk melakukan kapan waktunya fit and proper testnya,” paparnya.

Sementara terkait untuk hasil FNP itu sendiri, Aziz menyampaikan, finalisasi pemilihan Capim KPK terpilih akan dilakukan pada Kamis (12/9) nanti.

“InsyaAllah finalisasinya akan kami lakukan pada Kamis malam, bisa dilakukan secara musyawarah mufakat dan atau voting apabila tidak mencapai kesepakatan,” tandas dia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER