Di RDP Komisi I DPR, Menlu: Semua Punya Kepentingan Sama Soal Papua

Menlu Retno Marsudi menyelesaikan perselisihan WNI dilarang masuk ke wilayah Palestina (dok: Retno)

MONITOR, Jakarta – Komisi I DPR menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan sejumlah mitra kerja mengenai situasi terkini yang terjadi di Papua.

Pimpinan sidang mengatakan rapat akan dilakukan terbuka di sesi pertama, tertutup untuk sesi kedua, dan terbuka lagi untuk awak media.

Hadir dalam rapat seperti Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan, Menteri Komunikasi dan Informasi, Badan Intelijen Negara, Mabes TNI.
Dalam sesi pertama, para menteri sepakat bahwa isu Papua menjadi isu yang sangat penting.

Dalam kesempatannya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pun menegaskan bahwa semua pihak memiliki kepentingan untuk menciptakan kondisi kondusif di tanah Cenderawasih tersebut.

“Semua warga negara Indonesia memiliki kepentingan untuk menciptakan kondisi kondusif di Papua,” ucap Menlu Retno dalam RDP dengan Komisi I DPR, di Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (5/9).

“Papua dan Papua Barat adalah bagian tidak terpisahkan dari NKRI, sehingga kalau ada hal terkait dengan upaya pemisahan, maka itu sudah red line bagi kita semua,” tambahnya.

Rapat Dengar Pendapat hingga saat ini masih terus berlanjut. Saat ini sudah memasuki sesi II dan dilakukan secara tertutup.