Jumat, 29 Maret, 2024

Surat Presiden Soal Capim KPK, Bamsoet: Dicek Dulu

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku baru akan mengecek surat masuk dari Presiden Jokowi terkait daftar nama calon pimpinan (Capim) KPK.

Yang nantinya, sambung dia, pimpinan akan mengagendakan pembacaan surat presiden kepada seluruh anggota dewan dalam rapat paripurna.

“Saya baru kembali dari luar kota, saya mendengar hari ini presiden mengirimkan surat ke DPR tentang calon pimpinan KPK. Saya baru mau cek dan kalau nanti ternyata ada, karena nanti ada agenda Bamus kemungkinan besar kita bawa langsung untuk segera dibacakan di rapat paripurna,” kata Bamsoet kepada wartawan, di Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (4/8).

Sementara itu, ketika ditanyakan terkait dengan fit and propertest atau uji kelayakan dan kepatutan untuk Capim KPK?. Bamsoet menegaskan bahwa pimpinan tentunya akan menyerahkan sepenuhnya kepada mekanisme yang ada di komisi III DPR.

- Advertisement -

“Saya serahkan sepenuhnya nanti kepada komisi III, biar nanti komisi yang mengagendakan kapan (waktunya). Tentu disesuaikan dengan jadwal tugas yang sedang mereka kerjakan,” ujar legislator Partai Golkar tersebut.

Pun demikian, Bamsoet berharap proses pemilihan terhadap 10 Capim KPK yang diserahkan Pansel yang telah disetujui Presiden Jokowi dapat diselesaikan pada masa periode ini.

“Ya kita harapkan komisi III untuk bisa menyelesaikannya pada periode ini,” ujarnya.

Di sisi lain, Bamsoet enggan menanggapi ikhwal polemik yang menjadi perhatian publik terhadap hasil Capim KPK oleh Pansel.

“Nanti tanya ke komisi III, pimpinan tidak memiliki kewenangan untuk mengomentari. Nanti komisi III yang akan melakukan pendalaman, dan kami hanya menerima 10 nama dan akan mendelivernya ke komisi terkait,” pungkas dia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER