Kamis, 28 Maret, 2024

Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan Dilantik Hari Ini

MONITOR, Jakarta – Sejumlah kota dan kabupaten, termasuk provinsi di seluruh Indonesia sudah melalukan pelantikan terhadap anggota DPRD-nya pasca terpilih di Pileg 2019.

Namun Tangerang Selatan (Tangsel) baru akan melakukan prosesi sumpah itu pada hari ini, Kamis (29/8/2019).

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Tangsel, H. Eko Purwanto menilai bahwa hubungan antara rakyat dengan Dewan Perwakilan Rakyat atau Daerah (DPR/DPRD) pada saat menjabat belum sesuai dengan komitmennya saat masa kampanye.

“Hubungan antara rakyat dengan anggota DPR baik pusat maupun daerah di Indonesia selama ini masih ada kerenggangan. Kalau saja anggota DPR RI dan DPRD itu ingat asal usulnya, sudah semestinya memboyong rakyat yang telah menitipkan sebagian kedaulatannya kepada anggota DPR RI dan DPRD,” kata Eko kepada wartawan, Kamis (29/08).

Menurutnya, sudah seharusnya anggota dewan yang terhormat melakukan hubungan yang baik dengan pemilihnya di Daerah Pemilihan (Dapil) mereka dengan caranya masing-masing, yakni di antaranya dengan Ormas dan OKP yang berada di masyarakat.

Sebelumnya, Survei yang dilakukan Centre for Strategic and International Studies ( CSIS) pada Agustus 2017 menunjukkan bahwa hubungan antara DPR/DPRD dengan konstituennya masih rendah.

Berdasarkan survei, tercatat masyarakat yang menyampaikan pendapat secara langsung melalui anggota DPR hanya sebesar 5,4 persen dan yang mengaku tidak pernah sebanyak 94,6 persen.

Ia menginginkan supaya para anggota DPRD Tangsel menajalankan tupoksinya dengan baik sampai akhir periode dan tetap menjaga hubungan dengan rakyat.

“Selamat bertugas para anggota dewan perwakilan rakyat daerah Tangerang Selatan, semoga amanah dari rakyat mampu di emban hingga akhir periode, dan semoga tugas dan fungsi dewan terlaksana dengan baik,” tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER