Deklarasi Duta Bersihkan Sampah Plastik

38
Infografis Deklarasi Duta Bersihkan Sampah Plastik (monitor.co.id)

MONITOR – Alumni dan civitas academica Universitas Indonesia serta Jasa Marga berkomitmen 100% untuk mewujudkan perbaikan kualitas lingkungan hidup, demi tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan.

Sebagai negara yang dianugerahi kekayaan alam berupa hutan seluas 126 juta hektare, Indonesia didaulat menjadi salah satu paru-paru dunia. Namun, permasalahan seperti penebangan liar, penggundulan hutan, pembukaan lahan ilegal, hingga kebakaran hutan mengakibatkan berkurangnya luas hutan yang kita miliki. Pengurangan luas hutan ini berakibat pada berkurangnya pasokan oksigen baik di Indonesia maupun dunia. Belum lagi, berbagai kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh sampah di sekitar kita, menjadi momok bagi kesehatan bumi pertiwi.

Setidaknya, ada 64 juta ton sampah plastik yang dihasilkan Indonesia setiap tahunnya dan menjadi ancaman bagi makhluk hidup di muka bumi. Keberadaan sampah plastik yang besar ini, telah mengganggu ekosistem makhluk hidup baik di daratan maupun di lautan. Tidak berhenti sampai di situ, besarnya sampah yang dihasilkan di Indonesia tidak dibarengi dengan adanya manajemen pengelolaan sampah yang baik di seluruh wilayahnya. Apabila hal ini terus berlangsung, maka jumlah sampah yang ada menjadi semakin tidak terkendali dan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang amat fatal.

Maka dari itu, diperlukan sebuah aksi besar yang mampu memberikan perbaikan kualitas lingkungan hidup di Indonesia demi tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan secara global. Atas dasar kesadaran itulah kami mendeklarasikan diri untuk menyatakan:

  1. Berkomitmen untuk bijak mengonsumsi plastik dengan cara meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari. Guna mengurangi sampah plastik di Indonesia demi keberlanjutan ekosistem di muka bumi.
  2. Membiasakan diri untuk melakukan aktivitas pilah sampah dalam menjaga kebersihan lingkungan. Demi mendukung terciptanya manajemen pengelolaan sampah yang baik.
  3. Berkomitmen untuk mendukung dan terus memperbaiki manajemen pengelolaan sampah yang ada secara berkelanjutan, dengan mengembangkan sistem pengolahan sampah yang baik.  Sehingga dapat mengurangi jumlah sampah sekaligus memperoleh manfaat dari pengolahannya.
  4. Meningkatkan kesadaran untuk mencintai alam  dengan melindungi hutan Indonesia guna menjaga pasokan oksigen di dunia bagi generasi yang akan datang.

Menjaga lingkungan hidup adalah bentuk syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan sebuah keharusan bagi setiap generasi. Oleh karenanya kami, Alumni dan Civitas Academica Universitas Indonesia serta Jasa Marga siap menjadi Duta Bersihkan Sampah Plastik. Demi terciptanya Bumi Indonesia yang lestari.