Sabtu, 20 April, 2024

Gempa Tektonik Kembali Guncang Sukabumi, Ini Pemicunya

MONITOR, Jakarta – Gempa dengan kekuatan magnitudi 3,9 mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dini hari tadi. Tak ada peringatan tsunami terkait gempa ini. BMKG lewat akun Twitter-nya, @infoBMKG, menginformasikan gempa terjadi pada Rabu (21/8/2019) pukul 03.16 WIB. Pusat gempa ada di darat, 24 km arah barat laut Sukabumi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, gempa dangkal itu dipicu aktivitas sesar Citarik. Titik gempa berada di darat dan dapat dirasakan hingga skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III.

Kepala Bidang Pusat Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Tiar Prasetya mengatakan, pusat gempa bumi terletak pada koordinat 6.77 LS – 106.52 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 24 km Barat Laut Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman satu kilometer. Tiar menegaskan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Gempa tektonik dangkal tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat dan peta tingkat guncangan BMKG, guncangannya dirasakan di wilayah Bogor dan Sukabumi dengan skala intensitas II – III MMI.

- Advertisement -

Skala II MMI yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala III MMI getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan dari dampak gempa bumi tersebut.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER