Jumat, 26 April, 2024

Ketua DPR Minta Peningkatan Realisasi Kinerja Perpajakan di APBN 2020

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bahwa realisasi kinerja perpajakan semester I 2019 belum menunjukan kinerja yang lebih baik dari tahun lalu.

Hal itu menyusul kinerja perpajakan semester I yang hanya tumbuh 5,4 persen dibandingkan periode sebelumnya yang tumbuh diangka 14,8 persen.

“Kinerja realisasi semester I-2019 belum menunjukkan kinerja yang lebih baik dari tahun lalu,” kata Bamsoet dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020, di Gedung DPR, Senayan, Jumat (16/8). 

Menurut dia, kinerja perpajakan yang menurun tersebut, menyebabkan pelebaran defisit anggaran pada realisasi semester I tahun ini.

- Advertisement -

Tercatat realisasi penerimaan negara semester I-2019 hanya 41,5 persen atau lebih rendah dari realisasi periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 44 persen.

“Di sisi lain, belanja negara mampu tumbuh hingga 9,6 persen pada semester I tahun ini dengan realisasi 42 persen,” ujarnya.

Karena itu, Bamsoet meminta Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 disusun sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJM) lima tahun ke depan.

Selain itu, ia juga menekankan, pembangunan ekonomi dengan berlandaskan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berdaya saing di berbagai wilayah, hal itu penting untuk mewujudkan hal tersebut.

“Pemerintah sudah berkomitmen menjadikan APBN 2020 sebagai langkah awal peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia selama lima tahun ke depan,” ucap politikus Golkar itu.

“Politik anggaran harus diarahkan pada penajaman anggaran dan kebijakan di bidang pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial, dan pelatihan kerja,” pungkas dia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER