Jokowi Ajak Anak Bangsa Terus Berinovasi

13

Monitor, Jakarta – Masih minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi). Oleh karena itu, orang nomor satu di negeri ini mengajak seluruh masyarakat untuk terus melakukan inovasi disegala bidang.

Hal ini ditekankan oleh Jokowi, sebab dengan terus berinovasi bisa membalik keadaan, ketidakmungkinan bisa menjadi peluang dan membuat kelemahan menjadi kekuatan dan keunggulan. 

“Berbekal inovasi, kualitas SDM, dan penguasaan teknologi kita bisa keluar dari kutukan sumber daya alam,” ujar Jokowi dia dalam  pada Pidato Kenegaraan dalam Rangka HUT Kemerdekaan ke-74. 

Menurut Jokowi, dengan melakukan inovasi membuat keterbatasan menjadi keberlimpahan. Yang mengubah kesulitan menjadi kemampuan. Yang mengubah tidak berharga menjadi bernilai untuk rakyat dan bangsa.

“Memang negara kita ini kaya Bauksit, batu bara, kelapa sawit, ikan, dan masih banyak lagi. Tapi tidak cukup di situ. Kalau kita melakukan hilirisasi industri kita pasti bisa melompat lagi,” katanya.

Jokowi, menuturkan bangun industri pengolahan bauksit sehingga impor alumina tidak perlu dilakukan. Indonesia bangun hilirisasi industri batubara menjadi (Dimethyl Ether).

“DME sehingga kita bisa mengurangi impor jutaan ton LPG setiap tahunnya. Kita bangun hilirisasi industri nikel menjadi ferro nikel sehingga nilai tambah nikel kita akan meningkat 4 kali lipat,” jelas dia.

Jokowi pun ingin Indonesia harus berani memulai dari sekarang beberapa lompatan kemajuan sudah kita lakukan.

“Kita sudah mulai dengan program B20, akan masuk ke B30 campuran solar dengan 30% biodiesel. Tapi kita bisa lebih dari itu kita bisa membuat B100. Kita sudah memproduksi sendiri avtur hingga tidak impor avtur lagi. Tapi kita bisa lebih dari itu, kita bisa ekspor avtur, kita juga ingin produksi avtur berbahan sawit,” pungkasnya.