Ketua DPR Dukung Komposisi Kabinet 55/45 Jokowi-Ma’ruf

30
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo saat diwawancaraa awak media (IG Bamsoet)

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung komposisi 55 persen dari kalangan profesional dan 45 persen dari partai politik dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf lima tahun kedepan.

Ia meyakini bahwa komposisi tersebut dapat mengimplementasikan semua program, visi, dan misi pemerintahan kabinet jilid II.

“Presiden sudah tahu kebutuhan pemerintahannya lima tahun ke depan, maka ia memberikan komposisi pemerintahannya lebih banyak profesional. Menurut saya itu pilihan tepat,” kata Bamsoet kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (15/8).

Ia meyakini bahwa perhitungan komposisi tersebut sudah melalui pertimbangan yang matang. Termasuk sudah melalui komunikasi dengan partai koalisi terkait dengan nama-nama calon yang masuk dalam struktur kabinet.

“Tinggal beliau yang menentukan dengan hak prerogatif yang dimilikinya dalam menentukan orang-orang sesuai dengan rencana kerja lima tahun ke depan,” ujarnya.

“Presiden sudah mengkalkulasi dampak keputusannya, tugas kita men-support,” pungkas Bamsoet.

Seperti diberitkan sebelumnya, Jokowi mengatakan sebanyak 55 persen menteri yang akan mengisi kabinet 2019-2024 berasal dari kalangan profesional. Saat ini, kata dia, susunan menteri untuk periode keduanya juga telah rampung.

“Perkiraan 55 banding 45. Profesional 55 persen, parpol 45 persen,” kata Jokowi di Cibubur, Jakarta, Rabu (14/8).