UUD 1945 Akan Diamandemen, Fadli Zon Usul Bentuk Dewan Perancang

489
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dalam program diskusi TV One (dok: Twitter)

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mendorong agar wacana amandemen UUD 1945 dikaji secara komprehensif dan holistik. Bahkan ia menyarankan perlu ada Dewan Perancang untuk mengkaji amandemen tersebut agar lebih cermat.

“Saya mendorong agar pembahasan soal wacana amendemen terbatas UUD 1945 dikaji secara komprehensif dan holistik. Perlu dibentuk Dewan Perancang untuk mengkaji ini lebih cermat,” ujar Fadli Zon, Senin (12/8) malam.

Waketum Gerindra ini menegaskan, wacana tersebut harus melalui kajian matang, serta jangan hanya untuk kepentingan sesaat.

“Kalau untuk kepentingan sesaat atau kelompok, ini akan merugikan rakyat. Mengubah UU tak boleh hanya untuk mengakomodasi kepentingan politik tertentu,” tuturnya.

Ia pun menekankan bahwa amandemen UUD 1945 seharusnya dikembalikan terlebih dahulu pada UUD yang asli, baru bisa direkonstruksi.

“Kalau menurut saya amandemen itu mestinya bisa kita kembalikan dulu pada UUD 1945 yang asli, kemudian rekonstruksi. Kalau kita berani melakukan itu sebagai sebuah overhaul (pemeriksaan seksama),” tandasnya.