Demokrat Prediksi Pilwagub DKI Bakal Kelar Tahun Depan

69
Wasekjen DPD Partai Demokrat Jakarta Amirullah (dok: Asep Monitor)

MONITOR, Jakarta – Keseriusan para wakil rakyat Jakarta untuk memilih Wakil Gubernur (Wagub) DKI sangat dinanti-nantikan warga Jakarta. Pasalnya, sampai saat ini belum ada tanda-tanda kapan para politisi Kebon Sirih ini memenuhi kewajibannya untuk memilih satu nama dari dua nama calon wagub yang sudah disodorkan PKS dan Gerindra, yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Melihat fenomena berlarut-larutnya pemilihan wagub ini, Partai Demokrat Jakarta pun memprediksi pemilihan wagub bisa kelar tahun depan.

“Kami punya prediksi pemilihan Wagub DKI dilakukan para anggota DPRD DKI Januari 2020 mendatang,” ungkap Wakil Sekertaris (Wasekjen) DPD Partai Demokrat Jakarta Amirullah kepada MONITOR.

Menurut Aming panggilan akrab Amirullah, prediksinya tersebut bukan tanpa alasan. Dijelaskan Aming, dengan sederet kesibukan anggota DPRD DKI di akhir tahun membuat anggota DPRD DKI mengesampingkan pemilihan wagub.

“Sekarang ini saja dewan sudah disibukan dengan pembahasan APBD Perubahan. Setelah itu diakhir tahun dewan sudah kembali disibukan dengan rapat pembahasan RAPBD 2020,” terang Aming.

Tak hanya itu, masuknya anggota DPRD DKI baru periode 2019-2024, menurut Aming, anggota DPRD DKI bakal kembali disibukan dengan pembahasan alat kelengkapan dewan (AKD).

“Jadi itu sekelumit kesibukan dewan yang akan menghambat proses pemilihan wagub di tahun ini. Makanya kami memprediksi dewan akan serius melakukan pemilihan wagub di Januari 2020 mendatang,” pungkasnya.

Seperti diketahui, janji DPRD DKI untuk memberikan sosok wagub kepada Gubernur Jakarta Anies Baswedan pada 22 Juli ternyata tak terbukti. Dengan berbagai alasan para politisi kebon sirih itu menyebut pelaksanaan pemilihan wagub tak bisa dilakukan. Bahkan parahnya lagi para anggota DPRD DKI tak tahu kapan proses pemilihan wagub bisa berjalan.

Sementara itu, Gubernur Jakarta, Anies Baswedan sudah meminta kepada anggota DPRD DKI untuk segera memproses pemilihan wagub.