Selasa, 23 April, 2024

Bamus Betawi Siap jadi Garda Terdepan Lestarikan Budaya Lokal

MONITOR, Jakarta – Sekjen Bamus Betawi Syarif Hidayatulah menegaskan, bahwa Bamus Betawi siap menjadi garda terdepan pelestarian Budaya Betawi.

“Pelestarian Budaya Betawi tentu akan melibatkan semua unsur Betawi. Namun nantinya kita berharap Bamus Betawi yang akan menjadi pelopor pelestarian budaya Betawi,” kata Sekjen Bamus Betawi Syarif Hidayatuloh di acara Festival Kesenian Tradisional bertema ‘Memaknai Sastra Lisan Pada Kesenian Tradisional, di Taman Ismail Mazuki, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).

Untuk itu, Syarif melanjutkan pihaknya akan melakukan pemetaan unsur-unsur Betawi yang potensial untuk mendukung langkah tersebut. “Bahwa itu bukan hanya pelestarian namun juga pengembangan. Untuk mewujudkan hal itu kita akan melakukan pemetaan secara menyeluruh potensi unsur-unsur Betawi,” ujarnya.

Selain itu, kata Syarif, dalam melestarikan budaya Betawi terkait sastra lisan Betawi Bamus siap mengundang seluruh tokoh-tokoh sastra Betawi. Hal itu agar Bahasa Betawi diusahakan menjadi bahasa resmi di momen-momen penting.

- Advertisement -

“Sastra Betawi ibarat berkembang sebagaimana sastra lainnya, dipacu kretivitasnya seperti sastra dari suku2 dan bahasa lain. Bahkan kita juga akan upayakan Bahasa Betawi menjadi bahasa yang harus digunakan dalam acara-acara penting di pemerintahan dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian budaya,” terangnya.

Acara yang difasilitasi Kementrian Pariwisata dan Dinas Pariwisata DKI tersebut juga ditampilkan budaya dan sastra dari daerah lain seperti Jawa Barat.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER