Dua Putra Jokowi Masuk Bursa Pilwakot Solo, Sekjen PDIP: Kita Serahkan Pada Kehendak Rakyat

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto (dok: Tribunnews)

MONITOR, Jakarta – Sekertaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan jika partainya membuka diri bagi kedua putra putri terbaik bangsa untuk maju berkompetisi sebagai calon kepala daerah di Pilkada 2020 mendatang.

Hal itu menanggapi munculnya nama kedua putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep dalam bursa pemilihan Walikota (Pilwakot) Solo.

“Kita serahkan pada kehendak rakyat. Yang jelas PDIP membuka mekanisme bagi putra-putri bangsa yang ingin berdedikasi, yang ingin menggunakan kekuasaan sebagai alat untuk menyejahterakan rakyat, kami membuka,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/7).

Namun, Hasto menegaskan, siapapun yang ingin bergabung ke PDI Perjuangan, harus mengikuti sekolah partai. Selanjutnya, sambung dia, yang bersangkutan harus mengikuti psikotest dan dilatih menjadi kepala daerah yang baik.

“Kami belum memulai tahap penjaringan, tapi kami terus mencermati hadirnya tokoh-tokoh yang memenangkan hati rakyat. Kami akan terus mencermati siapa yang disuarakan rakyat untuk menjadi pemimpinnya,” pungkasnya.