Jumat, 19 April, 2024

Gelar Rapat Gabungan, MPR Bahas Sejumlah Agenda Kegiatan Kenegaraan

MONITOR, Jakarta – MPR menggelar rapat gabungan bersama pimpinan fraksi dan kelompok DPD dalam rangka membahas terkait sidang dan kegiatan MPR Tahun 2019.

Mengawali rapat, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan, rapat gabungan adalah salah satu rapat MPR sebagaimana diatur dalam Pasal 68 Tata Tertib MPR, dan sesuai ketentuan Pasal 82 ayat (3) serta Pasal 83 ayat (2), rapat gabungan bersifat tertutup serta hanya dihadiri oleh Anggota MPR dan undangan.

“Hari ini membahas dua agenda, ‘Pertama’, pembahasan mengenai Sidang dan Kegiatan MPR Tahun 2019, yakni: Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2019, Peringatan Hari Konstitusi, Peringatan Hari Ulang Tahun MPR ke-74, dan Sidang MPR Akhir Masa Jabatan,” kata Zulkifli di Ruang GBHN, Nusantara V, Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (24/7).

Dikatakannya bahwa Sidang Tahunan MPR Tahun 2019 akan dilaksanakan pada Hari Jum’at, Tanggal 16 Agustus 2019. Agenda Sidang Tahunan MPR Tahun 2019 sambung pria yang akrab disapa Zulhas mengatakan jika kegiatan tersebut akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya yakni Laporan kinerja lembaga-lembaga negara yang akan dirangkum dan disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia.

- Advertisement -

Mengingat Sidang Tahunan MPR Tahun 2019 pada Hari Jumat, maka pelaksanaannya akan dimulai pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB, dilanjutkan dengan Sidang Bersama DPR dan DPD. 

“Sehubungan dengan itu, kami mengharapkan pimpinan Fraksi-fraksi dan Kelompok DPD dapat mengingatkan anggotanya untuk hadir tepat pada waktunya,” sebut pria asal Lampung itu.  

Sementara terkait dengan Peringatan Hari Konstitusi, yang dilaksanakan pada hari Minggu, 18 Agustus 2019, akan dimulai pukul 10.00 WIB di Gedung Nusantara IV.

“Agenda Peringatan Hari Konstitusi adalah Pidato Presiden Republik Indonesia dan dilanjutkan dengan Seminar Nasional, berupa Refleksi Pelaksanaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,”ujarnya.

Agenda berikutnya, diterangkan Zulhas, mengenai Peringatan Hari Ulang Tahun MPR RI Ke-74, yang akan diisi dengan kegiatan-kegiatan, pertama, jalan sehat Empat Pilar MPR yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 25 Agustus 2019, dimulai pukul 06.00 WIB, bertempat di Lapangan Parkir Gedung Nusantara III. 

“Kedua, syukuran Ulang Tahun MPR, yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 29 Agustus 2019, melalui kegiatan Do’a Bersama, dimulai pada pukul 19.00 WIB bertempat di Gedung Nusantara IV.
Sedangkan terkait Sidang MPR Akhir Masa Jabatan akan diselenggarakan pada hari Jum’at, 27 September 2019 dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB.

“Agenda Sidang MPR Akhir Masa Jabatan menurutnya membahas Pidato Pimpinan MPR berupa Laporan Pelaksanaan Tugas MPR Masa Jabatan 2014 – 2019; dan Pengesahan Rekomendasi MPR Masa Jabatan 2014-2019,” papar politikus PAN tersebut.

Lanjut dia, dalam pembahasan kedua mengenai perubahan tata tertib MPR yang perlu penyesuaian dengan UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), khususnya mengenai komposisi Pimpinan MPR yang kembali menjadi 1 (satu) orang Ketua dan 4 (empat) orang Wakil Ketua.

“Dan tindak lanjut dari hasil kerja Badan Pengkajian MPR, yaitu Rancangan Keputusan MPR tentang Rekomendasi MPR Masa Jabatan 2014 – 2019, khususnya berupa Rancangan Pokok-Pokok Haluan Negara,” pungkasnya.

Hadir dalam rapat itu, Ketua MPR Zulkifli Hasan, para Wakil Ketua MPR yakni Mahyudin, E E Mangindaan, Hidayat Nur Wahid, Oesman Sapta, Ahmad Basarah serta Pimpinan Fraksi/Kelompok DPD di MPR.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER