Amien Rais Sebut 55-45, Ketum PAN: Kami Dukung Jokowi Tanpa Syarat

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan ditemui di Gedung DPR RI (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menegaskan bahwa dirinya mendukung pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amien Rais yang memberikan kesempatan terhadap kepemimpinan kembali Joko Widodo sebagai presiden untuk lima tahun ke depan.

“Saya mengatakan kita dukung Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf dan kita doakan biar sukses memimpin kita. Indonesia lebih baik dan itu cita-cita kita semua. Saya kira mirip-mirip,” kata Zulhas kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (22/7).

Lebih lanjut, ketika disinggung ikhwal pernyataan Ketua Dewan Kehormatan DPP PAN Amien Rais mengenai syarat rekonsiliasi Jokowi- Prabowo agar dibagi 55-45. Zulhas enggan menanggapinya. Ia menegaskan jika pemberian kesempatan kepada mantan gubernur DKI Jakarta itu tanpa syarat.

“Nggak pakai syarat-syarat. Ingat, yang berdaulat itu rakyat, rakyat itu yang sudah memberikan kedaulatan kepada presiden terpilih, elected. Siapa yang berdaulat sekarang? Pak Jokowi sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara,”ujar dia.

Zulhas juga menegaskan bahwa dalam menentukan siapa saja yang masuk dalam kabinet lima tahun ke depan merupakan hak preogratif Jokowi sebagai presiden. 

“Haknya apa? Haknya itu punya hak preogatif menentukan. Oleh karena itu, kabinet atau apa pun namanya pembantu, jadi yang berdaulat tetap Pak Jokowi. Karena itu, kita nggak pakai syarat-syarat. Kita mendukung agar Pak Jokowi sukses memimpin Indonesia,” pungkas ketua MPR itu.