Anies Bangga, KPAI Nobatkan Jakarta sebagai Daerah Paling Peduli Anak

425

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menunjukkan rasa bangganya atas prestasi yang dicapai Kota Jakarta. Ya, Jakarta kini dinobatkan sebagai Pemerintah Daerah Paling Peduli Anak di Penghargaan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) 2019.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari laman resmi Pemprov DKI Jakarta, tercatat Kota Jakarta layak diberikan penghargaan tersebut atas inovasi kebijakan dalam membangun sistem kepedulian ibu dan anak yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

Beberapa inovasi kebijakan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta, antara lain: Pertama, memfasilitasi Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (UPT P2TP2A) berstandar ISO.⁣

Kedua, memfasilitasi Petugas Unit Reaksi Cepat (URC) dengan layanan 24 jam untuk warga.⁣

Ketiga, layanan terintegrasi Jakarta Siaga 112⁣. Keempat, penggunaan Aplikasi Jakarta Aman⁣, dan kelima, penyediaan Pos Pengaduan Kekerasan Perempuan dan Anak, petugas yang disediakan adalah konselor, paralegal dan pendamping korban.⁣

Melalui laman resmi Pemprov DKI Jakarta, Anies menginginkan agar Jakarta menjadi pioner sekaligus percontohan dalam memberikan perlindungan kepada ibu dan anak.

“Pemprov DKI Jakarta berkomitmen akan selalu memuliakan, peduli dan memberikan perlindungan kepada ibu dan anak,” tulisnya pada laman tersebut, Sabtu (20/7) malam.