Jumat, 26 April, 2024

Puncak Lebaran Betawi, Dishub DKI Terapkan Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Monas

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menggelar Festival Lebaran Betawi ke-12. Kegiatan itu digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat selama tiga hari sejak hari ini, Jumat (19/7/2019) hingga Minggu, 21 Juli 2019.

Pada Minggu, 21 Juli 2019 pagi mulai pukul 06.00-10.00 WIB akan ada parade yang diikuti dua ribu orang. Mereka akan mulai berjalan kaki dari depan Balai Kota DKI, berputar di bundaran Air Mancur dan belok kiri masuk ke Pintu Barat Daya Monas atau sekitar Patung Thamrin.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pengalihan arus yang dilakukan antara lain di ruas Jalan Medan Merdeka Selatan sisi Selatan akan dibuat Traffic Cone dari Kantor Kedubes Amerika Serikat sampai dengan Kantor ESDM.

“Pembatas yang memisahkan dua lajur untuk lalu lintas kendaraan dan dua lajur untuk digunakan parade defile (karnaval jalan kaki),” kata Syafrin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/7).

- Advertisement -

Kemudian, saat parade berlangsung, petugas Dishub akan menutup jalan dari arah Jalan Ridwan Rais. Kata dia, jalan kembali dibuka saat peserta sudah melewati Jalan Medan Merdeka Selatan.

“Nanti akan ada pengaturan oleh petugas saat peserta melewati Bundaran Air Mancur sehingga tidak terjadi konflik dengan masyarakat yang mengikuti Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB),” katanya.

Syafrin meminta pengguna jalan menyesuaikan lalu lintas. Warga diminta menghindari ruas jalan yang menjadi pawai tersebut dan menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan.

“Juga mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas lapangan dan mengutamakan keselamatan di jalan,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER