PSI Minta KPK Pantau Proses Pemilihan Wagub DKI

46
Wakil Ketua DPW PSI DKI Jakarta Rian Ernest (dok: Suara Muslim)

MONITOR, Jakarta – Kabar adanya politik uang dalam pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI kembali mencuat. Kini kabar itu dihembuskan oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Melalui Wakil Ketua DPW PSI DKI Jakarta Rian Ernest, pihaknya mendapat informasi dari dua elit politik di DKI jika politik uang tersebut sudah merambah ke sejumlah anggota dewan yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

“Dengan waktu yang berbeda, dua elit politik di DKI itu menyampaikan ke saya, ada money politik dalam pemilihan Wagub DKI. Artinya ini masih rumor tapi sudah harus jadi perhatian kita semua. Karena kan kalau sekadar rumor kita tidak bisa pegang, tapi kan ada rumor kalau ada (transaksi) uang,” ucap Rian di Kantor DPP PSI kepada wartawan di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (15/7).

Ia mengatakan transaksi uang tersebut ada agar para anggota DPRD mau datang dan memenuhi syarat kuorum pemilihan Cawagub DKI Jakarta.

Bahkan untuk satu kursi saat menghadiri pemilihan tersebut bisa dihargai ratusan juta rupiah.

“Ya standar, artinya gini modusnya pokoknya untuk datang, untuk datang duduk itu ada uangnya. Jadi nanti siapapun ini bisa atur apakah paripurna mau jadi menyetujui atau menolak. Siapa yang mau ikut diatur ada uangnya, kebayang ya dan 1 kursi ratusan juta,” pungkasnya.