Hadiri Kegiatan Pacific Exposition, DPR RI Harapkan Penguatan Diplomasi di Kawasan Pasifik

29

MONITOR, Jakarta – Diharapkan kegiatan Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru, dapat memperkuat diplomasi Indonesia di Kawasan Pasifik.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah saat menghadiri kegiatan tersebut bersama rombongan DPR RI, diantaranya dua Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Agus Hermanto. Hadir pula ketua BKSAP Nurhayati Assegaf, anggota DPR Reni Marlinawati dan Teguh Juwarno.

“Pacific Exposition ini diharapkan dapat memperkuat diplomasi Indonesia di kawasan Pasifik sekaligus mengukuhkan Indonesia sebagai bagian dari negara kawasan Pasifik,”kata Fahri dalam keterangan tertulisnya dalam acara pembukaan, Jumat (12/7).

“Juga memberi peluang bagi kawasan timur Indonesia untuk berkembang bersama, seperti NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat,” tambahnya.

Fahri juga mengungkapkan kehadiran rombongan DPR RI dalam acara yang berlangsung 11-14 Juli di SkyCity Auckland, New Zealand itu, sebagai bentuk dukungan terhadap upaya memajukan diplomasi, ekonomi, dan budaya Indonesia di Kawasan Pasifik.

“Ini strategis dan berdampak positif bagi Indonesia dan kawasan” puji Fahri kembali.

Bahkan, politikus PKS itu juga menginisiasi penguatan terhadap kemaritiman Indonesia dalam kerjasama negara-negara pasifik ini, mengingat potensi besar maritim Indonesia dan negara-negara pasifik ini.

Untuk diketahui, kegiatan Pacific Exposition ini terdiri dari pameran dan diskusi mengenai perdagangan, investasi, pariwisata dan kebudayaan yang melibatkan negara-negara kawasan Pasifik seperti Australia, Fiji, Indonesia, Kaledonia Baru, Kepulauan Kook, Kepulauan Marshall, Kepulauan Solomon, Kiribati, Mikronesia, Mauru, Niue, Palau, Papua, Nugini, Samoa, Selandia Baru, Timor Leste, Tonga, Tuvalu dan Vanuatu.

Kegiatan Pacific Exposition juga menghadirkan perwakilan eksekutif dari negara-negara Pasifik tersebut. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi hadir mewakili pemerintah memberi sambutan dalam pembukaan Pacific Exposition 2019 ini. 

Masing-masing negara memberi sambutan dalam pembukaan acara seperti Dubes Australia, perdana menteri Kepulauan Kook hingga Acting Perdana Menteri Selandia Baru.

“Kegiatan Pacific Exposition yang mengambil tema “Creating Pacific Momentum” diharapkan dapat memberi momentum kemajuan bagi Indonesia dan negara-negara Pasifik lainnya,” pungkas dia.