Finalis Jamkrindo Hackathon Challenge Masuk Tahap Seleksi Akhir

Hackathon atau hacking + marathon merupakan momentum berkumpulnya programmer, project manager, ICT researcher/enthusiast untuk membangun aplikasi (hacking).

MONITOR, Jakarta – Sebanyak 10 tim yang masuk final kompetisi Jamkrindo Hackathon Challenge (JHC) terpilih untuk mengikuti Bootcamp Program dan Hackthon Day sebagai seleksi akhir sebelum akhirnya ditentukan pemenang Hackthon 2019.

Mengangkat tema “Semart Access Technology”, acara yang digelar dalam rangka menyambut HUT Perum Jamkrindo yang ke-49 tersebut diselenggarakan untuk menjaring kreativitas generasi muda milenial yang memiliki kemampuan di bidang pemerograman dan pengembangan teknologi informasi.

Direktur Utama Jamkrindo Randi Anto menuturkan, harapannya, para peserta Hackathon 2019 nantinya dapat berkontribusi untuk meningkatkan perkembangan teknologi yang mampu meningkatkan sektor UMKM.

“Kompetisi ini diharapkan dapat meningkatkan penetrasi pasar di ekosistem digital sehingga dapat menciptakan produk baru penjaminan kredit UMKM yang kemudian dapat memberikan revenue dan benefit bagi perusahaan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (9/7).

Direktur Operasional dan Jaringan Jamkrindo, Kadar Wisnuwarman menuturkan, dalam kompetisi ini Terdapat 153 programmer dan developer yang mendaftar yang tergabung dalam 40 Tim. Setelah diseleksi, terpilih 20 tim dan setelah itu diseleksi kembali hingga menjadi 10 tim finalis yang mendapatkan kesempatan masuk ke tahap selanjutnya di Jamkrindo Bootcamp Program dan Hackathon Day. Adapun 10 Tim Finalis yang lolos seleksi adalah Jepret, Bettfuu, Permanent Betadev, aFa, Tri Maskentir, Market Link, Keep It Daily Hack Team, D’Ocean, SamiAsih, dan MAOS.

“Para finalis selanjutnya saling unjuk kemampuan dalam pengembangan fitur dan teknologi baru, khususnya di bidang penjaminan kredit bagi UMKM. Mereka diharapkan dapat menemukan dan menciptakan alternatif produk penjaminan baru sehingga masyarakat, khususnya generasi milenial di Indonesia dapat semakin mudah dan cepat dalam memperloleh akses pembiayaan serta penjaminan kredit bagi UMKM,” terang Wisnuwarman.

Untuk diketahui, JHC terdiri dari 3 kategori perlombaan yaitu Corporate Activity, SME Tracking and Database Record, dan Marketing Force Monitoring untuk memperebutkan hadiah sebesar Rp200.000.000. Opening dan Welcoming Finalis dilaksanakan di Ruang Serbaguna Penjaminan Perum Jamkrindo, Selasa 9 Juli 2019. Selanjutnya Jamkrindo Bootcamp Program dan Hackathon Day akan dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 12 Juli 2019 di Hotel Mercure Jakarta Batavia, Jakarta Pusat.

Lalu Ceremony Awarding Pemenang Jamkrindo Hackathon 2019 dilaksanakan bertepatan pada puncak HUT Ke-49 Perum Jamkrindo, Sabtu 13 Juli 2019 di Allianz Ecopark. 

JHC merupakan kompetisi hack marathon bertema Guarantee Technology pertama di Indonesia yang dipelopori oleh Perum Jamkrindo melalui pengembangan fitur dan teknologi baru, khususnya di bidang penjaminan kredit bagi UMKM. Melalui kompetisi ini, diharapkan lahir aplikasi yang dapat mendukung serta memberikan kecepatan dari sisi layanan dan produk Penjaminan bagi UMKM.