Sabtu, 20 April, 2024

Kenangan Jokowi tentang Sosok Almarhum Sutopo

MONITOR, Jakarta – Ada satu kalimat dari mendiang almarhum Sutopo Purwo Nugroho yang begitu dikenang oleh Presiden Joko Widodo.

Jokowi menuturkan, suatu ketika, Sutopo pernah menuliskan bahwa hidup itu bukan soal panjang atau pendeknya usia, namun seberapa besar dapat membantu orang lain.

“Dan ia mengamalkan kalimat itu dengan baik,” kenang Jokowi, dalam pernyataan tertulisnya, Minggu (7/7).

Ia menyebut, hingga menjelang tutup usia, Sutopo masih menunjukkan dedikasinya bagi negara dan masyarakat dengan tetap mengabarkan informasi terkini mengenai bencana yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

- Advertisement -

“Sampai menjelang akhir hayatnya sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, ia mengabarkan dengan cepat kejadian bencana alam (seperti) gempa bumi, longsor, tsunami, atau kebakaran yang terjadi di pelosok negeri agar kita waspada dan tidak kebingungan,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Sutopo telah berpulang di Guangzhou, Tiongkok, saat menjalani perawatan kanker paru-paru yang dideritanya. Ia meninggal dalam usia 49 tahun pada Minggu, 7 Juli 2019 kemarin.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER