60% Jamaah Lanjut Usia, DPR RI Ingatkan Kemenag Pastikan Kesiapan 446 Petugas di Arab Saudi

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet)

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (Ditjen PHU) untuk memastikan kesiapan 446 petugas haji.

Termasuk, terhadap 1800 calon jamaah haji yang akan diberangkatkan dari embarkasi dari sisi sarana dan prasarana maupun administrasi.

Hal itu terkait kondisi 60% jamaah haji lanjut usia (lansia) di atas 65 tahun dan 54% adalah perempuan yang akan berangkat pada gelombang I pemberangkatan calon Jamaah haji 1440H/2019.

Widget Situasi Terkini COVID-19

“Mendorong Kemenag melalui Ditjen PHU mempersiapkan petugas kesehatan yang selalu siaga, mengingat suhu udara panas di Arab Saudi saat ini mencapai 42 hingga 50 derajat celcius,” kata Bamsoet, di Jakarta, Jumat (5/7).

Selain itu, Bamsoet juga mendorong Kemenag untuk dapat memastikan kesiapan seluruh fasilitas serta pelayanan bagi calon Jemaah haji.

“Baik berupa pemondokan, transportasi, maupun terhadap konsumsi (katering), agar para calon jamaah dapat melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman,” papar politikus Golkar itu.

Bamsoet juga meminta tim pengawas haji untuk dapat memastikan seluruh komponen dalam kegiatan penyelenggaraan ibadah haji dapat dipenuhi dan dapat dilaksanakan dengan baik.

“Mengucapkan selamat kepada jemaah haji yang akan diberangkatkan serta mengimbau kepada seluruh jemaah haji Indonesia untuk mempersiapkan diri dengan baik, baik secara fisik maupun mental jelang keberangkatan, serta dalam melaksanakan ibadah di Mekah dan Madinah,” ujarnya.

“Dan dapat mematuhi ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Kemenag ataupun oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH),” pungkas dia.