Sabtu, 20 April, 2024

Bantah Tudingan Pendiri Demokrat, Hinca Tegaskan Status Kogasma Legal

MONITOR, Jakarta – Menanggapi sejumlah pemberitaan yang beredar di media dari kelompok yang mengatasnamakan diri sebagai Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator (FKPD) Partai Demokrat, Sekretaris Jenderal DPP Demokrat Hinca Pandjaitan menegaskan hal tersebut adalah masalah internal yang tidak berdasar.

Misalnya tudingan soal legalitas lembaga Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu 2019 Partai Demokrat yang dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono. Menurut Hinca, lembaga tersebut legal dan sesuai dengan spirit Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat.

“Sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat No.92/SK/DPP.PD/II/2018, lembaga Kogasma ini dibentuk oleh DPP Partai Demokrat sebagai respon atas kebutuhan partai dalam menyukseskan perjuangan menuju Pemilu 2019,” kata Hinca Pandjaitan dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Jakarta, Kamis (4/7).

Adapun mengenai statemen FKPD yang menuding pembentukan Kogasma Partai Demokrat tidak memberi dampak apapun, dikatakan Hinca, sangat tidak tepat. Ia menjelaskan, dalam proses pemenangan Pemilu 2019, Kogasma Partai Demokrat justru berhasil menjalankan tugas pokok dan fungsinya untuk menambah kekuatan soliditas kader dan partai untuk mempertahankan kekuatan politik partai di tengah sistem kompetisi politik yang kurang berpihak.

- Advertisement -

“Hal itu dibuktikan oleh berbagai survei lintas lembaga yang menempatkan elektabilitas Partai Demokrat di kisaran angka sekitar 3 hingga 4 persen pada beberapa bulan sebelum pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019,” terang Politikus asal Asahan ini.

Meskipun, ia juga mengakui, konsentrasinya sempat terpecah akibat kondisi Ibunda Ani Yudhoyono yang saat itu tengah dirawat intensif akibat Kanker Darah.

“Tetapi berkat kerja keras Komandan Kogasma Pemenangan Pemilu 2019, bersama-sama semua kader di seluruh indonesia, Partai Demokrat tetap mampu mempertahankan kekuatan politiknya di angka 7,7 persen,” ujarnya.

“Untuk itu, apresiasi yang tinggi patut disampaikan kepada Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan seluruh kader Partai Demokrat atas jasa, kerja keras dan pengabdiannya untuk berjuang demi kejayaan Partai Demokrat,” tambahnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER