Pemerintah Tegaskan Tarif Listrik Tak Naik Hingga 2019

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana usai melakukan konfrensi pers di kantornya (Foto: Hendrik/monitor)

MONITOR, Jakarta – Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana menegaskan pemerintah tidak akan menaikan tarif listrik hingga akhir 2019. Menurutnya, pemerintah masih akan memberlakukan kebijakan penerapan tarif tetap untuk pelanggan non subsidi yang sudah dimulai sejak awal 2017 tersebut.

“Kami tegaskan sampai akhir 2019 tidak ada rencana kenaikan tarif tenaga listrik (TTL),” kata Rida di Jakarta, Selasa (2/07).

Meski PLN berhak mengajukan penyesuaian tarif listrik per 3 bulan. Akan tetapi, lanjut Rida sejak tahun 2017 sampai dengan saat ini pemerintah menetapkan kebijakan keputusan tarif listrik non subsidi tetap di tangan pemerintah.

“Beberapa periode ada yang ditahan, itulah ada yang namanya kompensasi. Jadi PLN tetap dibayar, kita bungkus dengan teman-teman di Kemenkeu,” katanya.

Untuk itu, tarif listrik tercatat tidak pernah naik selama tiga tahun sejak 2017 hingg akhir 2019 mendatang.

“Imbasnya, ada selisih antara harga yang disubsidi dengan harga keekonomian yang membuat pemerintah harus memberi kompensasi ke PLN,” imbuh Rida.