Jumat, 26 April, 2024

Anies Masuk Radar Capres 2024 Versi LSI Denny JA

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, masuk radar calon presiden (capres) 2024 versi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Tak hanya Anies, survei LSI menyebut ada 13 capres lainnya yang diprediksi bakal ikut bertarung di pilpres 2024 mendatang.

“Setidaknya ada empat kategori sumber rekruitmen calon presiden. Empat kategori itu didapat dari background Presiden Indonesia sebelumnya,” ujar Peneliti LSI Rully Akbar saat konferensi pers di Gedung Graha Dua Rajawali LSI, Jalan Pemuda III, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (2/7).

Dipaparkan Rully, dia mencontohkan BJ Habibie, menjadi presiden dengan jabatan sebelumnya, pernah menduduki jabatan pemerintahan pusat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang sebelummya menjabat sebagai menteri di kabinet Megawati Soekarnoputri. Sementara lainnya berasal dari ketua umum parpol, kepala daerah dan terakhir berasal dari profesional, swasta, atau ormas seperti Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

- Advertisement -

Yang lainnya kategori itu, kata Rully menyebut dasar pengambilan nama 15 orang ini berasal dari empat kriteria juga. Empat kriteria itu penilaian subjektif dari tim LSI.

Berikut ini nama capres 2024 versi LSI Denny JA

Capres jenjang pemerintah daerah (gubernur, kepala daerah, bupati):

  1. Ridwan Kamil (Jawa Barat)
  2. Anies Baswedan (DKI Jakarta)
  3. Ganjar Pranowo (Jawa Tengah)
  4. Khofifah Indar Prawansa (Jawa Timur)

Capres jenjang pimpinan partai politik:

  1. Prabowo Subianto
  2. Sandiaga Uno
  3. Airlangga Hartarto
  4. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
  5. Puan Maharani
  6. Muhaimin Iskandar

Capres 2024 jenjang jabatan pemerintahan:

  1. Sri Mulyani
  2. Budi Gunawan
  3. Tito Karnavian
  4. Gatot Nurmantyo
- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER