Sabtu, 27 April, 2024

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Desa Ini Kembangkan Wisata Religi dan Alam

MONITOR, Kampar – Pemerintah Desa Pantai Cermin tengah berupaya meningkatkan perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakat desa dengan mengembangkan wisata religi dan wisata alam yang ada disekitar salah satu cagar budaya yang terdapat di Pantai cermin yakni
Makam Syekh Syaid Abdul Hamid yang dikenal kegigihannya dalam menegakkan kebenaran ajaran agama Islam dan keberpihakannya kepada masyarakat.

Hal ini diketahui saat pertemuan antara sejumlah unsur pimpinan ataupun tokoh Desa Pantai Cermin dengan para peserta Kepemimpinan Nasional PKN Tingkat II Angkatan VIII Tahun 2019 Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI dalam rangka visitasi di Kantor Pemerintah Desa Pantai Cermin pada Kamis (27/6).

Kepala Desa Pantai Cermin, Muklis menyampaikan bahwa Pantai Cermin memiliki beragam potensi yang bisa digarap namun masih belum terwujudkan karena masyarakat desa masih mengandalkan sektor perkebunan dalam mencukupi kebutuhan hidupnya.
“Kami sudah lama melirik makam yang kerap dikunjungi oleh pengunjung baik dari dalam desa hingga pengunjung dari luar daerah. Oleh karena itu, kami berkeinginan untuk mengembangkan makam ini menjadi objek wisata religi dan alam karena potensi inilah yang bagi kami sangat menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa,” katanya.

Wisata religi dan wisata alam di kawasan Makam Syekh Syaid Abdul Hamid, kata Muklis, memiliki konsep menjadikan makam ini sebagai wisata religi dan wisata alam karena lokasi makam yang berdekatan dengan lembah. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk outbound dan lainnya. Selain itu juga, pihaknya akan membangun embung dikawasan makam yang nantinya embung bisa kita jadikan sebagai wisata air dikawasan makam.

- Advertisement -

“Kami juga akan membuka kios-kios untuk masyarakat desa dalam hal memasarkan produk-produknya dan membangun sejumlah gazebo dan homestay untuk para pengunjung yang tengah beristirahat,” katanya.

Salah satu peserta visitasi Kepemimpinan Nasional PKN Tingkat II Angkatan VIII Tahun 2019 Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Bonivasius Prasetya Ichtiarto mengatakan bahwa dalam hasil dari pertemuan dikantor desa adalah potensi yang dapat dikembangkan adalah wisata religi dan wisata alam untuk meningkatkan ekonomi atau kesejahteraan masyarakat desa.

“Dalam pengelolaannya nanti akan dikelola oleh BUMDes. Kita berharap peran dan fungsi BUMDes terutama untuk mengembangkan wisata itu dapat ditingkatkan. Kita berharap juga, BUMDes bisa berinovasi dalam mengembangkan usahanya untuk meningkatkan pendapatannya yang nantinya sangat bermanfaat bagi pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat desa,” kata Bonivasius yang menjabat sebagai Kepala Biro Humas dan Kerjasama dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Sementara itu, salah satu peserta lainnya yakni Nurul Hasanuddin dari Badan Pusat Statistik Pusat (BPS) menyarankan bahwa desa wisata yang akan dikembangkan bisa dikawinkan dengan desa digital. Pasalnya, untuk jaringan telekomunikasi sudah ada. Apalagi, Desa Pantai Cermin memberikan pelayanan Wifi gratis kepada masyarakat desa untuk memanfaatkan akses internet.

“Kalaupun ini menjadi desa wisata religi ataupun desa wisata digital. Ini kalau bisa dikawinkan jadi dewi dan dedi (Desa Wisata dan Desa Digital) agar desa menjadi lebih maju. Karena disini sudah terpasang wifi. Apalagi, akses internetnya kencang. kalau berbagai macam potensi dimanfaatkan dengan beragam ide untuk kedepannya, saya yakin generasi muda akan lebih maju dengan mengangkat peluang-peluang potensi yang ada,”katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER