Pilpres Selesai, Demokrat : Koalisi Parpol Capres-Cawapres Berakhir

MONITOR, Jakarta – Sekertaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengatakan bahwa dengan berakhirnya sidang putusan gugatan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), maka partai politik akan kembali kepada kedaulatannya masing-masing.

“Jadi teman-teman, saya harus jelaskan berkali-kali, bahwa koalisi 5 partai politik ini dalam rangka mengusung pasangan calon presiden,” kata Hinca kepada wartawan, Jakarta Selatan, Jumat (29/6).

“Kemarin setelah diketuk oleh MK, tidak ada lagi calon presiden, yang ada adalah presiden terpilih, ada presiden tidak terpilih. Maka koalisi untuk pasangan calon presiden itu telah berakhir,” tambahnya.

Ia melanjutkan, jika sikap politik selanjutnya partai berlambang bintang mercy pasca putusan MK, kemarin malam akan ditentukan dalam majelis tinggi partai.

“Jadi kalau sudah selesai tentu kan kembali ke kedaulatan partai masing-masinf, nah kembali dulu ke partai, di Demokrat itu soal wilayah calon presiden dan calon wakil presiden itu kewenangannya majelis tinggi partai yang kebetulan ketuanya adalah ketua umum, tentu setelah ini saya akan melaporkan kepada partai, lewat ketua umum dan juga majelis tinggi partai,” urainya.

Lebih lanjut, Hinca sempat menganalogikan sebuah pertandingan terkait sikap Parpol koalisi setelah putusan sengketa Pilpres 2019. Dia menyebut ada peluit tanda mulainya ‘pertarungan’, ada juga tanda selesai.

“Kalau dalam istilah saya, karena sering pakai istilah olahraga saya selalu bilang kalau pluit ditiupkan tanda pertandingan dimulai pasti akan ada pluit ditiupkan tanda pertandingan berakhir,” pungkasnya.