Sabtu, 20 April, 2024

Haji Lulung Pimpin Bamus Betawi Ziarah di Makam Husni Tamrin

MONITOR, Jakarta – Dalam rangka memperingati hari jadi kota Jakarta ke-492. Bamus Betawi melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional sekaligus tokoh Betawi, yakni Husni Tamrin di TPU makam pahlawan, Karet Bivak, Jakarta Pusat, Jumat (21/6) pagi.

Ketua umum Bamus Betawi yang sah berdasarkan hasil Mubes 1-2 September 2018 dengan SK Menkumham N0.AHU-0004530.AH.01.07.Tahun 2019, Lulung Lunggana alias Haji Lulung mengungkapkan jika ziarah ke makam pahlawan nasional dan tokoh Betawi Husni Tamrin merupakan rutinitas yang dilakukan tiap tahunnya saat HUT Jakarta. Disamping, kegiatan ziarah makam bersamaan dengan hari pahlawan.

“Pelaksanaan ziarah ini kita lakukan setiap tahun untuk menumbuhkan semangat perjuangan pada generasi muda,” ujar Lulung yang juga dikenal sebagai tokoh masyarakat tanah Abang itu kepada wartawan.

Menurut anggota DPR RI terpilih dari PAN dapil III DKI Jakarta itu, Husni Tamrin merupakan pahlawan nasional yang memiliki karir politik luar biasa dari tahun 1919-1940.

- Advertisement -

Lulung pun menjabarkan, jika sosok Husni Tamrin merupakan tokoh yang luar biasa dengan garis keturunannya. Sebab, memiliki keturunan yang istimewa, kakek berasal dari Inggris dan ayah merupakan keturunan, Jerman-Belanda. Sementara nenek dan ibunya merupakan asli anak Betawi.

“Karena jasa beliau, kami anak Betawi menghormati dan menghargainya. Apalagi, beliau merupakan cikal bakal orang Betawi jadi pejuang, dan ini harus diteruskan oleh generasi muda Betawi yang ada di Jakarta,” bebernya.

Momentum HUT Jakarta ke-492 ini pun Lulung mengajak seluruh kekuatan yang ada dalam Bamus Betawi untuk solid dalam menjaga Marwah Betawi.

“Momentum HUT Jakarta ini saya mengajak semua elemen Betawi guyub dan kompak jangan Terpecah belah. Semua bertujuan untuk kemajuan orang Betawi di Jakarta,” bebernya.

Sementara, Ketua Majelis Adat Bamus Betawi, Nuri Tahir dalam sambutanya berharap acara seperti ini bisa dilaksanakan terus-menerus. disamping itu, Bamus pun diharapkan bisa menghadirkan pejabat di DKI, seperti gubernur atau pun sekda.”Mudah-mudahan kedepan bisa dihadiri pejabat di Jakarta,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER