Sabtu, 20 April, 2024

Didesak KLB, Pengamat Nilai SBY Kurang “Sowan”

MONITOR, Jakarta – Aroma perpecahan semakin kuat di internal tubuh Partai Demokrat. Para pendiri partai bertubuh mercy ini mulai mendesak digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB), disaat partai ini merapat ke koalisi Jokowi.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Jerry Massie, mengatakan saat ini Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih memiliki daya pikat di Demokrat kendati awalnya pendiri adalah Ahmad Yani Wachid. Sebab menurutnya, orang-orang masih menghubungkan Demokrat dengan ketokohan SBY.

Dengan munculnya nama-nama Andi Arief dan Ferdinand Hutahaen serta lainnya, Jerry menjelaskan partai ini sudah tak terarah secara konseptual. The Spirit of Demokrat seakan telah pudar.

“Hal inilah yang sepertinya dilihat oleh para pendiri partai. Seperti itu kondisi lapangan, mereka tidak solid lagi,” kata Jerry dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/6).

- Advertisement -

Ia menyimpulkan, desakan KLB muncul karena kejayaan demokrat sudah mulai pudar. “Memang salah settingan sejak awal,” ungkapnya.

Disisi lain, Jerry menilai SBY tampaknya kurang meminta petunjuk atau masukan lagi kepada para pendiri, tinggal generasi kedua dan ketiga.

“Ini titik lemahnya,” kata Jerry.

“Bisa jadi akan ada dualisme bahkan perpecahan mengingat sejumlah DPD masih mempertahankan SBY sebagai Ketua Umum,” sambungnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER