Rabu, 24 April, 2024

Antisipasi Penumpukan Kendaraan, Menhub Akan Bebaskan Gerbang Tol

MONITOR, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan akan membuka atau membebaskan gerbang tol selama 15 menit hingga 30 menit bila terjadi antrian atau penumpukan kendaraan arus balik mudik lebih 3 KM.

Hal itu disampaikannya usai berkordinasi dengan Kementerian PUPR dan Kakorlantas Polri.

“Ada indikasi beberapa di gerbang itu akan ada penumpukan. Kemungkinan di Palimanan dan di Cikampek,” kata Menhub dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/6).

“Kami sudah diskusi dengan Pak Menteri PUPR juga dengan Korlantas, kita sudah putuskan kalau ada antrian lebih dari 3 KM, kita akan lepaskan atau bebaskan dalam waktu 15 menit atau setengah jam, setelah itu baru dikenakan lagi,” tambahnya.

- Advertisement -

Selain memberlakukan pembebasan gerbang tol, sambung Menhub, beberapa rekayasa juga akan diberlakukan seperti menutup beberapa titik pintu masuk ruas jalan tol, serta menertibkan penumpukan yang berada di rest area.

Menhub pun mengimbau kepada masayarakat agar tetap berhati-hati dalam berlalu lintas pada saat arus balik, dikarenakan kondisi fisik tidak seprima saat berangkat ke kampung halaman.

“Ada beberapa faktor juga yang dapat menurunkan konsentrasi selain kondisi fisik yaitu sudah kurangnya perbekalan, euforia sudah berkurang dan ingin segera sampai rumah dan beristirahat untuk memulai aktivitas rutin kembali,” pungkas dia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER