Wamen ESDM Pastikan Masyarakat di 170 Pulau Terluar Nikmati BBM Satu Harga

27

MONITOR, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian ESDM terus berupaya menghadirkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam sektor migas. Rakyat dari ujung Sabang hingga Merauke berhak menikmati Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan harga sama melalui program BBM Satu Harga.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. Melalui program ini, Arcandra menjelaskan, masyarakat Indonesia di seluruh wilayah negeri, dapat menikmati harga yang sama dengan kualitas yang sama pula.

“Prinsip sila kelima Pancasila adalah dasar dari program BBM Satu Harga yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” kata Arcandra dalam keterangan tertulisnya, Ahad (2/6).

Ia menjelaskan, jika sebelumnya di Papua harga BBM bisa mencapai Rp 60.000 per liter, kini harganya sudah sama dengan di Jawa. Hal yang sama juga sudah dirasakan warga Mentawai, Sumatera Barat yang di masa lalu harus membayar Rp 15.000 per liter BBM.

“Kami menargetkan 170 titik pulau terluar yang selama ini mengalami perbedaan harga BBM yang sangat besar,” ucapnya menegaskan.

Diketahui, saat ini sudah sekitar 140 titik yang dapat menikmati program BBM satu harga. Arcandra pun berharap, tahun ini seluruh target dapat terpenuhi.