Kamis, 28 Maret, 2024

Lima Bulan Tertunda, Honor Kegiatan KONI DKI Akhirnya Cair

MONITOR, Jakarta – Penantian panjang ribuan atlet dan pelatih DKI Jakarta untuk bisa mendapatkan pesangon sebelum hari raya Idul Fitri akhirnya terwujud. Pasalnya, anggaran yang diajukan oleh KONI DKI sebesar Rp 201 Miliar melalui dana hibah sudah dicairkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Alhamdulilah untuk tahap pertama dana hibah untuk semua kegiatan KONI sebesar Rp 120 miliar sudah cair, dengan demikian pesangon yang lima bulan para atlet dan pelatih DKI bisa dibayar sebelum lebaran ini. Terimakasih Pak Gubernur, Terimakasih Kepala Dinas Olah Raga,” ungkap Ketua KONI DKI Jakarta Djamhuron P Wibowo usai menggelar Buka Puasa Bersama dengan pengurus KONI Jakarta di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Senin (27/5).

Dikatakan Djamhuron, dana yang sudah masuk rekening KONI tersebut antara lain diprioritaskan untuk melunasi pembayaran honor 1.050 atlet dan 186 pelatih, karena selama lima bulan ini, terhitung sejak Januari 2019, honornya belum dibayarkan.

“Atlet dan pelatih yang sudah menandatangani PKS (Perjanjian Kerjasama) dan sudah memenuhi syarat, honornya kita transfer malam ini juga. Kita rapel. Yang belum memenuhi syarat, kita validasi dulu,” imbuhnya.

- Advertisement -

Honor atlet rata-rata Rp4,5 juta/orang, sedang honor pelatih Rp6 juta/orang.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI Jakarta, Ahmad Firdaus, mengatakan, cairnya dana hibah tahap pertama untuk KONI diharapkan mampu memotivasi para atlet agar lebih berprestasi lagi di bidang olahraga yang ditekuni.

“Pak Gubernur Anies menitipkan ke saya, untuk menyampaikan kepada jajaran pengurus KONI dan atlet DKI untuk memanfaatkan dana tersebut semaksimal mungkin, yaitu dengan meningkatkan prestasi di masa datang. Dan semoga bisa menjadi juara umum di PON Papua tahun depan,” katanya.

Untuk diketahui, APBD DKI Jakarta sebenarnya telah ketok palu sejak akhir November 2018, namun karena masalah administrasi, baru bulan ini dana hibah untuk KONI dapat dicairkan.

Yang terpenting dari pencairan dana hibah tersebut adalah, karena tahun ini KONI sedang melakukan beragam persiapan untuk menghadapi PON XX di Papua tahun depan. Beberapa cabang olahraga bahkan telah masuk babak kualifikasi PON.

Target KONI adalah merebut kembali gelar juara umum PON yang pada PON XIX di Bandung direbut Jawa Barat. Diketahui, sebanyak 1.236 atlet dan pelatih yang bernaung di bawah KONI DKI Jakarta.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER