Rabu, 24 April, 2024

Telur Ayam Merangkak Naik, DPR Desak Pemerintah Tinjau Harga di Pasar

MONITOR, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mendesak pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk melakukan peninjauan langsung ke pasar terkait disparitas harga yang terjadi.

Terutama, terhadap harga telur ayam dan kebutuhan pokok lainnya.

Hal itu merespon mulai meningkatnya harga telur ayam dalam beberapa hari terakhir di sejumlah pasar tradisional, seperti harga telur ayam ras dijual seharga Rp 26.000/kg yaitu diatas harga acuan pemerintah sebesar Rp 23.000/kg.

“Peninjauan pasar dalam rangka melihat langsung mengenai disparitas harga telur ayam maupun kebutuhan pokok serta mengantisipasi kenaikan harga, salah satunya dengan melakukan pengecekan stok di setiap daerah serta kesiapan produsen dan distributor untuk menghadapi permintaan yang meningkat menjelang hari raya lebaran nanti,”kata Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), Sabtu (11/5).

- Advertisement -

Selain itu, Bamsoet juga meminta Kementerian Pertanian untuk melakukan operasi pasar di sejumlah pasar tradisional, guna menekan disparitas harga yang terjadi.

“Serta mengevaluasi dan menambah stok yang ada sehingga dapat terjamin ketersediaan telur ayam maupun kebutuhan pokok lainnya selama bulan Ramadan hingga lebaran,”ujarnya.

“Kemendag juga harus menjaga serta menjamin ketersediaan stok telur ayam agar tidak terjadinya lonjakan harga disaat bulan ramadan, mengingat rata-rata harga telur ayam di sejumlah pasar tradisional sudah mengalami kenaikan sebesar Rp 3.000 per kg,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER