PAN Nilai Pembentukan Pansus Pemilu sebagai Evaluasi Politik

Politikus Partai Amanat Nasional Saleh Partaonan Daulay (dok: jitunews)

MONITOR, Jakarta – Wakil Sekertaris Jenderal (Wasekjen) DPP PAN, Saleh P Daulay, berpandangan jika usulan pembentukan panitia khusus (Pansus) DPR RI sebagai langkah politik dalam rangka mengevaluasi penyelenggaraan Pemilu serentak 2019 kemarin.

Sehingga, sambung dia, semestinya usulan pembentukan Pansus didukung oleh semua pihak, termasuk fraksi di DPR RI.

“Pembentukan pansus itu dinilai sebagai langkah politik untuk mengevaluasi penyelenggaraan pemilu yang baru dilaksanakan. Mestinya, semua pihak bisa mendukung hal itu,” kata Saleh, di Jakarta, Kamis (9/5).

Diakui Saleh, posisi fraksi PAN terkait usulan tersebut sangat terbuka.

“Kita membuka diri agar dibentuk pansus. Silahkan saja diusulkan. Jika terbentuk, semoga pansus tersebut bisa bekerja dengan cepat,” ujar dia.

Tidak hanya itu, Saleh mengatakan tidak perlu ada yang dikhawatirkan dari pembentukan Pansus DPR RI terhadap penyelenggaraan pemilu serentak 2019 tersebut. Sebab, pansus tidak hanya diisi dari unsur kelompok tertentu saja.

“Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan pansus itu. Sebab, orang-orang yang ada di pansus pastilah berasal dari partai pendukung 01 dan 02,” ujarnya.

“Dan di sana, semua bisa dipaparkan secara terbuka apa yang terjadi. Dengan begitu, masyarakat bisa memberikan penilaian secara objektif,” pungkas Saleh.