Konfirmasi Soal ‘Gaduh’, Komisi III DPR Akan Gelar Rapat dengan KPK

62

MONITOR, Jakarta – Ketua Komisi III DPR RI Kahar Muzakir mengungkapkan dalam waktu dekat akan menggelar rapat internal untuk menentukan rapat kerja dengan para mitra komisi bidang hukum tersebut.

Termasuk, sambung dia, menentukan rapat kerja dengan KPK RI yang salah satu agendanya meminta penjelasan dari pimpinan instansi anti rasuah mengenai konflik di internal penyidiknya.

“Paling tidak menanyakan kejelasannya. Kenapa jadi begitu, kalau memang ada kisruh,” kata Kahar kepada awak media, di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (9/5).

Lebih lanjut, politikus Golkar itu mengungkapkan, komisi baru akan menggelar rapat untuk menyusun agenda rapat dengan para mitra kerja pada Senin (13/5) mendatang.

Selain dengan KPK, Kahar mengatakan, pihaknya juga segera menggelar rapat dengan mitra lainnya seperti Polri dan Kejaksaan Agung. “Kami baru mau rapat untuk menjadwalkan rapat kerja,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, kisruh di tubuh KPK berawal dari ketidakpuasan penyidik unsur Polri terhadap pelantikan 24 penyelidik internal menjadi penyidik tanpa melalui tes.

Sebagai bentuk ketidakpuasan itu, penyidik dari unsur Polri mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada akhir April lalu.

Termasuk, soal munculnya desakan agar Deputi Penindakan KPK Irjen Firli diperiksa atas dugaan pelanggaran kode etik, yang dinilai sejumlah pihak sarat kepentingan politik.