Seriusi Pemindahan Ibu Kota, Jokowi Bertolak ke Kalimantan

Presiden Joko Widodo hendak bertolak ke Kalimantan

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Selasa (7/5) bertolak ke Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Kunjungan itu dilakukan dalam rangka meninjau kota tersebut sebagai tindak lanjut rencana pemindahan ibu negara Republik Indonesia.

“Saya hendak meninjau beberapa lokasi yang menjadi alternatif ibu kota negara yang baru,” tulis Jokowi melalui halaman facebook Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, melalui siaran pers menyampaikan Jokowi bertolak ke Balikpapan melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (7/5/2019) pukul 09.00 WIB. Jokowi menumpangi Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

“Setibanya di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, pada pukul 11.55 Wita, Presiden Jokowi langsung menuju ke lokasi yang menjadi alternatif rencana pemindahan ibu kota tersebut,” kata Bey.

Setelah Balikpapan, pada sore harinya Presiden Jokowi beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Provinsi Kalimantan Tengah. Jokowi akan bermalam di Kota Palangkaraya.

“Presiden bermalam di Kota Palangkaraya untuk melanjutkan rangkaian kunjungan kerja keesokan harinya. Di antaranya meninjau lokasi yang menjadi alternatif rencana pemindahan ibu kota,” kata Bey.