Rabu, 24 April, 2024

Berkah Ramadhan, HIPMI ASEAN Berkantor Pusat di Jakarta

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa 10 organisasi pengusaha muda dari seluruh ASEAN yakni Young Entrepreneurs Association (AYEA) atau HIPMI-nya Se-ASEAN untuk berkantor pusat di Jakarta.

“Alhamdullilah, di Bulan yang penuh berkah ini, kami dapat berita gembira bahwa 10 organisasi pengusaha muda dari seluruh ASEAN dengan nama ASEAN Young Entrepreneurs Association (AYEA) sepakat dengan usulan dan perjuangan kami untuk menjadikan Jakarta sebagai kantor pusat atau Ibu Kotanya AYEA,” kata Bahlil dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/5).

Bahlil menerangkan, AYEA diinisiasi dan diinkubasi oleh ASEAN Business Advisory Council (ASEAN BAC) yang bertujuan dari didirikannya AYEA adalah untuk menyatukan para pelaku usaha muda dan pemula dari negara-negara anggota ASEAN dalam pilar-pilar ekonomi ASEAN sesuai dengan deklarasi Bandar Seri Begawan pada tahun 2013 untuk menuju satu Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Dikatakan Bahlil, meski beberapa kota di negara ASEAN lainnya bersaing ketat menjadi sekretariat AYEA, pihaknya tak gentar dan tetap melakukan lobi-lobi tingkat tinggi.

- Advertisement -

“Pandangan kami tidak lepas dari kenyataan bahwa Indonesia adalah negara dengan ekonomi terbesar di ASEAN. Maka sudah sepantasnya sekretariat AYEA atau Ibu Kotanya AYEA itu berdomisili di Indonesia, yakni Jakarta,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua BPP HIPMI Bidang Internasional dan Pariwisata, Bagas Adhadirga mengatakan, Jakarta layak menjadi pusat kegiatan AYEA sebab sebagian besar anggotanya berada di Indonesia.

“Kedepannya anggota AYEA terbanyak adalah dari Indonesia, HIPMI sendiri memiliki anggota lebih dari 40.000 pengusaha muda di seluruh Indonesia yang bisa menjadi anggota dari AYEA, akan lebih memudahkan administrasi dan koordinasi apabila kantor sekretariat AYEA berlokasi di Jakarta,” ujar Bagas.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER