Jumat, 29 Maret, 2024

DPR Dukung Wacana Pemindahan Ibukota ke Luar Pulau Jawa

MONITOR, Jakarta – Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali mendukung wacana yang dikeluarkan kembali Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memindahkan Ibu Kota negara Indonesia di luar pulau Jawa.

“Saya pribadi sudah dari tahun 2017/2018 begitu ada wacana dari presiden untuk menghidupkan kembali rencana pemindahan ibukota saya mendukung,” kata Amali, di Jakarta, Selasa (30/4).

Ia mengungkapkan, sejak wacana itu dikeluarkan presiden dirinya sudah langsung mendukung, lantaran melihat kondisi Jakarta saat ini sebagai Ibu Kota sudah tidak memadai.

“Karena memang kondisi Jakarta sebagai ibukota negara, sebagai pusat bisnis itu sekarang ini sudah tidak memadai, tingkat kemacetan, kebutuhan akan hunian dan sebagainya,” ujar politikus Golkar tersebut.

- Advertisement -

Harusnya, sambung Amali, Indonesia belajar dari pengalaman sejumlah negara yang melakukan upaya pemindahan ibukota negaranya, dengan memisahkan antara pusat pemerintahan dengan pusat bisnis.

“Tetangga kita yang paling dekat saja. Malaysia pemerintahannya di Putra Jaya kemudian bisnisnya di Kuala Lumpur. Brazil juga begitu, Australia juga gitu. Saya kira ini harus ada keberanian memulai, dan memang belum tentu akan selesai pada periode ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, jika hasil real count KPU nanti menjadikan Presiden Jokowi untuk dua periode, sudah seharusnya beliau berani mengambil langkah untuk memulai pemindahan Ibu Kota teraebut.

“Nanti apakah sampai selesai periode keduanya bisa terlaksana, itu tentunya kita lihat perkembangannya. Tapi pemerintahan Pak Jokowi perencanaannya harus sudah lebih maju lagi, kalau kemarin masih wacana,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER