Pemerintah Dorong Petani Bandung Lakukan Gerakan Tanam Kedelai

59
Poktan Gemah Ripah 1 melakukan Gerakan Tanam Kedelai 2019 (dok: Istimewa)

MONITOR, Bandung – Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Akabi Edy Purnawan hari ini melaksanakan pencanangan Gerakan Tanam Kedelai di Provinsi Jawa Barat, Rabu (24/4). Kegiatan tanam ini bertempat di Poktan Gemah Ripah, Desa Nagrak, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, seluas 40 hektar.

Tampak hadir dalam kegiatan Gertam kedelai ini, diantaranya Kadistan Provinsi Jawa Barat, Kadistan Kab. Bandung, Kepala BPTPH, Petugas lapang dan Babinsa lingkup kecamatan Cangkuang, Kab. Bandung.

Pada kesempatan itu, Edy Purnawan menegaskan bahwa pada tahun 2019 pemerintah tetap mendorong upaya peningkatan produksi kedelai. Peningkatan ini dilakukan melalui program tumpangsari kedelai-jagung ataupun kedelai-padi dan kegiatan monokultur kedelai.

Kelompok Tani Gemah Ripah mengadakan Gerakan Tanam Kedelai di Bandung

“Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan penggunaan kedelai lokal sebagai bahan baku olahan tempe/tahu dibandingkan menggunakan kedelai impor,” ujarnya Edy di lokasi.

Selain itu, ia menekankan untuk penyediaan benih kedelai di tahun 2019, pihaknya akan fokus pada penyediaan benih secara insitu. Oleh karena itu, ia meminta dukungan dari Dinas pertanian Provinsi maupun Kabupaten se Jawa Barat dalam pengembangan produsen/penangkar benih kedelai lokal dan mengawal pertanaman kedelai yang sudah ada untuk disiapkan menjadi calon benih guna mendukung program kedelai tahun 2019.