Senin, 29 April, 2024

Peduli Pertanian, Maphilinda Syahrial Oesman Dorong Daerah Lain Ikuti Langkah Mura

MONITOR, Mura – Maphilinda Syahrial Oesman mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kabupaten Musirawas. Pasalnya Kabupaten Musirawas (Mura) menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan insenminasi buatan (IB) atau kawin suntik terhadap sapi untuk wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Plt Kadis Pertanian dan Peternakan Mura, Tohirin, mengatakan, keberhasilan itu karena didukung oleh 25 petugas IB yang tersebar di wilayah Bumi Lan Serasan Sekentenan yang melakukan tugasnya dengan baik. Dijelaskannya, untuk IB sendiri, siemennya atau sperma yang digunakan memakai sperma unggul dan stoknya ada di gudang. Artinya stoknya siap kapanpun dibutuhkan.

Tokoh perempuan Sumsel yang maju dalam pileg untuk DPR RI Dapil Sumsel I ini mengatakan pola peternakan sapi di Mura layak diterapkan di daerah lain. “Mura patut diacungi jempol. Jadi kalau ada petugas mau IB sapi, mereka tinggal mengambil tabung berisi sperma unggul tadi. Artinya bibitnya sudah ada” jelasnya pada awak media, (5/3/2019).

Pihak Dinas Pertanian dan Peternakan juga menjelaskan bahwa beberapa ada yang sudah dikawinkan, berapa hasilnya yang sudah hamil dan ada yang belum. Mereka tinggal melaporkan selain itu pihaknya juga menegaskan saat ini bukan uji coba tetapi inventarisir. Sasarannya adalah induk betina yang produktif. Untuk mengawinkan sapi memakai IB tambahnya ada kriterianya, sapi yang mau dikawinkan harus sudah pernah melahirkan satu kali.

- Advertisement -

Caleg Partai Nasdem ini juga menambahkan kalau ini serius diterapkan oleh para peternak sapi di Sumsel makan tentu akan sangat membantu masyarakat peternak sapi. “Kalau ini digalakkan ke semua peternak sapi termasuk sapi produktif terkhusus milik masyarakat, disuntik dengan sperma sapi unggul tentu akan sangat membantu dan masyarakat akan mengalami peningkatan produktifitas dalam menghasilkan sapi dengan kualitas unggul. Dan secara otomatis membangun ekonomi Sumsel di sektor pertanian dan peternakan” tandas istri mantan gubernur Sumsel tersebut.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER