Sabtu, 20 April, 2024

LPPM UHAMKA Ikuti ToT Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah untuk Negeri

MONITOR, Banjarmasin – Universitas Muhammadiyah Prof. Buya Hamka (HAMKA) Jakarta bersama 40 Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia menggelar kegiatan ToT Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah untuk Negeri (KKNMu) di kota seribu sungai Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sejak tanggal 7-9 Februari 2019. Tim UHAMKA yang hadir Dr. Lelly Qodariyah (Warek 3), Prof. Dr. Nani Solihati (Ketua LPPM), Gufron Amirullah (Sekretaris LPPM), Dan Heru Wibowo (P3KA).

Jabrohim dari Lembaga Seni, Budaya dan Olahraga (LSBO) PP Muhammadiyah mengatakan, mahasiswa akan melaksanakan kegiatan keilmuan, keagamaan, seni dan olahraga, dan kegiatan tematik. Selain itu juga dilakukan sosialisasi Tonis (badminton tenis), olahraga yang dipopulerkan LSBO.

KKNMu merupakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bersama Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang mulai dilaksanakan sejak tahun 2014. Beberapa daerah lokasi KKNMu antara lain Metro Lampung tahun 2014, Surabaya 2015, Gorontalo 2016, Palembang 2017 dan Purwokerto 2018.

UHAMKA dan PTM se-Indonesia menggelar kegiatan ToT Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah untuk Negeri (KKNMu) di kota seribu sungai Banjarmasin, Kalimantan Selatan

KKNMu untuk tahun 2019 akan diselenggarakan di Bengkulu dengan tuan rumah Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Menurut Dr. Lelly Qodariah, M.Pd selaku Warek III, UHAMKA selalu terlibat sejak dalam kegiatan KKNMu bahkan menjadi salah satu inisiator.

- Advertisement -

“Ada enam PT sebagai inisiator KKNMu yaitu Universitas Ahmad Dahlan, UHAMKA, UM Magelang, UM Ponorogo, UM Purwokerto dan UM Lampung,” ujarnya, Jumat (8/2).

Untuk tahun 2019, Prof. Dr. Nani Solihati selaku Ketua LPPM UHAMKA menyatakan siap mengirimkan kembali delegasi KKNMu.

Adapun materi dan praktik selama ToT antara lain Kewilayahan dan Potensi Lokal, Kebencanaan, Etnografi, Penyusunan Proker, Matrik Program KKNMu, Buku Aktivitas Harian, Pendanaan dan Laporan Pelaksanaan.

Diakhir acara, seluruh peserta ToT akan diajak berkeliling Banjarmasin untuk mengunjungi Pasar Terapung, Pasar Batu Permata Martapura, Pendulangan Intan dan Masjid Raya Sabilal Muhtadin

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER