Kamis, 28 Maret, 2024

Ralali.com dan Printerous Dorong Wanita Pengusaha Melek Digital

MONITOR, Jakarta – Ralali.com dan Printerous, dua startup besar tanah air, bekerja sama untuk mengedukasi wanita pengusaha di Indonesia melalui pelatihan bisnis yang bertajuk Workshop Kuliner Ralali.com (WKR) pada hari Selasa (15/1). Pelatihan ini digelar dengan mengundang ratusan wanita pengusaha dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) untuk belajar langsung mengenai pemanfaatan teknologi di era digital dan inovasi bisnis di bidang kopi.

“Sudah saatnya masyarakat memiliki peranan dalam pertumbuhan bisnis di Indonesia. SDM kita sudah baik, hanya perlu difasilitasi dengan pelatihan yang sesuai,” ungkap Herawan, Kepala Seksi Pembiayaan UMKM Diskop UKM Bekasi. Menanggapi pernyataan tersebut, Devi Iriani, Ketua Umum IWAPI Kota Bekasi, menambahkan bahwa wanita juga bisa ambil bagian di era ekonomi digital dengan mengembangkan bisnis yang memanfaatkan teknologi.

Pada pelatihan yang digelar di Aston Imperial Hotel and Convention Center Bekasi ini, peserta yang hadir mengulik tentang teknik coffee cupping langsung dari ahlinya yakni Peter Wibowo, Owner Café Titik Beku. Pelatihan mengenai teknik ini diberikan agar para wanita pengusaha yang hadir dapat melebarkan sayap bisnisnya ke industri kopi yang menjanjikan. Hal ini dapat dilihat dari menjamurnya jumlah kedai kopi di kota-kota besar dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir.

Selain mendapatkan ilmu baru mengenai dunia kopi, para wanita pengusaha juga diperkenalkan dengan platform yang dapat membantu mereka mengembangkan bisnisnya, yakni Ralali.com dan Printerous.

- Advertisement -

Ralali.com sebagai marketplace yang khusus melayani segmen B2B dapat membantu para wanita pengusaha dalam mencari kebutuhan bisnis yang sesuai. Laura Diana, Head of BIG Resto, mengungkapkan bahwa berbelanja untuk kebutuhan bisnis membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Di sinilah Ralali.com hadir sebagai platform penyedia bahan kebutuhan bisnis, sehingga waktu dan tenaga yang sebelumnya digunakan untuk berbelanja dapat dialihkan menjadi kegiatan lain yang lebih bermanfaat seperti produksi dan pemasaran.

Jika Ralali.com menyediakan berbagai macam bahan baku untuk kebutuhan bisnis, Printerous sebagai layanan percetakan berbasis teknologi dapat memberikan kemudahan bagi para wanita pengusaha dalam memesan kebutuhan mencetak untuk bisnisnya, mulai dari packaging hingga marketing materials.

“Saat ini pemilik usaha berlomba untuk menghadirkan packaging yang menarik bagi produk yang mereka jual. Mencetak packaging menjadi lebih efisien lewat fitur-fitur Printerous karena kami membantu pengguna agar dapat memilih bentuk dan material yang paling sesuai,” ungkap Gorby Lauwang, Head of Marketing Printerous.

Ke depannya, Printerous berkomitmen untuk terus mengedukasi para pelaku usaha di Indonesia untuk melakukan pengembangan bisnis dengan memanfaatkan platform digital. Printerous juga akan menerbitkan e-book yang berisi tips dan trik dalam menjalankan bisnis kuliner. E-book tersebut dapat diunduh secara gratis melalui media sosial dari Printerous.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER