Heboh Dukungan Alumni UI ke Jokowi, Ini Kata Fadli Zon

1017
Kelompok yang mengatasnamakan sebagai alumni UI menggelar aksi deklarasi dukung Jokowi

MONITOR, Jakarta – Nama politikus Gerindra Fadli Zon diseret-seret dalam aksi deklarasi dukungan Jokowi-Ma’ruf Amin oleh sekelompok orang yang mengaku sebagai ikatan alumni Universitas Indonesia (UI). Pada aksinya, tertera jelas di pamflet kampanye menuliskan kalimat Alumni UI minus Fadli Zon dukung Jokowi.

Menanggapi hal ini, Fadli Zon pun angkat bicara. Ia menganggap, alumni UI yang berakal sehat akan memilih pasangan Prabowo dan Sandiaga Uno di Pilpres nanti.

“Mumpung lagi bicarakan UI, bukan UI palsu. Saya alumni UI S1 dan S3. Saya mewakili UI debat ASEAN, Fellow SIF, dan forum-forum internasional. Saya juga memimpin demonstrasi mahasiswa UI, saya Mahasiswa Berprestasi I UI dan Berprestasi III Nasional. Saya tentu di pihak berakal sehat, memilih Prabowo-Sandi,” tegas Waketum DPP Gerindra ini, Senin (14/1).

Sebagaimana diketahui, pada Sabtu (12/1) lalu, pasangan capres cawapres Jokowi-Maruf Amin mendapat dukungan dari Alumni Universitas Indonesia (UI) di Pilpres 2019.

Pendeklarasian dukungan tersebut diadakan di kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat. Acara itu dihadiri ribuan orang berkaus kuning. Dalam acara itu dibacakan deklarasi dukungan alumni UI dan perguruan tinggi lainnya untuk calon presiden Jokowi – Ma’ruf Amin.

Sementara itu, Ketua Iluni UI Arief Budhi Hardono mengatakan dirinya menghormati hak pribadi para alumni UI untuk mendukung pasangan calon presiden tertentu dalam pemilihan presiden, termasuk deklarasi dukungan alumni Universitas Indonesia (UI) untuk Jokowi-Ma’ruf Amin. Asalkan, ujar dia, tidak mengatasnamakan Lembaga Universitas Indonesia dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia serta harus sesuai Statuta UI.

Bambang mengatakan UI telah menerbitkan surat edaran sejak Agustus 2018 mengenai sikapnya dalam Pilpres 2019. Surat edaran itu dikeluarkan oleh Kantor Hubungan Masyarakat dan Keterbukaan Informasi Publik UI.

Surat edaran yang diterbitkan Ikatan Alumni UI atau Iluni