Jumat, 29 Maret, 2024

Kabar Baik Petani Sawit: Harga CPO Naik

MONITOR, Jakarta – Bursa Derivatif Malaysia merilis adanya kenaikan harga minyak kelapa sawit mentah (CPO) sebesar 0,67 persen ke posisi ringgit Malaysia MYR sebesar 2.119/ton. Kemungkinan besar, kenaikan ini masih akan berlanjut dari perdagangan menjadi 2.105/ton.

Penguatan harga komoditas agrikultur unggulan Indonesia dan Malaysia ini mencapai kenaikan setelah adanya kabar baik dari New Dehli, India. Kabar baik itu meliputi potongan bea impor minyak sawit mentah. Apalagi mereka sudah memutuskan kesepakatan dengan negara di Asia Tenggara.

India menaikkan bea impor minyak sawit hingga 44 persen dari angka sebelumnya yang hanya 30 persen. Sedangkan bea impor olahan minyak mereka naik dari 40 persen menjadi 55 persen.

Dengan kebijakan ini, para investor bergairah untuk melakukan aksi beli. Pasalnya semakin rendah bea impor maka keuntungan yang didapatkan akan semakin tinggi.

- Advertisement -

Sebagaimana diketahui, India merupakan negara dengan jumlah impor minyak kelapa sawit mentah di dunia dengan total importir sebesar 5,44 juta ton. Angka sebanyak itu sebagain besar berasal dari Indonesia. Sedangkan dari Malaysia angkanya hanya sebesar 1,98 juta ton.

Kemudian, sentimen positif juga terjadi dari rivalnya, yaitu minyak kedelai. Tercatat, hingga siang tadi harga minyak kedelai sudah diperdagangkan sebanyak 12.302 lot pada volume 25 ton/lot. Jumlah ini meningkat dari jumlah perdagagan kemarin yang hanya 7.163 lot.

Namun demikian, kenaikan ini sedikit terhambat karena adanya penguatan nilai Ringgit Malaysia terhadap greenback. Hingga pukul 15:50 WIB tadi, nilai ringgit terapresiasi sebesar 0,36 persen di hadapan dolar.

Sekedar diketahui, nilai mata uang ringgit di bursa Malaysia sedang menguat yang akan berdampak pada naiknya harga minya yang berasal dari sawit. Hal ini yang membuat permintaan olahan sawit sedikit tergerus.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER