Jumat, 19 April, 2024

Abdul Basyid Has: Rayakan HKSN dengan Menjaga Tradisi Gotong Royong

MONITOR, Batam – Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) diperingati setiap tanggal 20 Desember. Peringatan ini mengacu pada bersatunya seluruh rakyat Indonesia setelah menghadapi Agresi Militer Belanda, tepatnya pada 20 Desember 1948.

Tanggal tersebut oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia kemudian dijadikan sebagai Hari Sosial, dan dalam perjalanannya diubah menjadi Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) untuk diperingati setiap tahun.

Mencermati hal tersebut, Abdul Basyid Has, Caleg DPR RI daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengajak masyarakat untuk memaknai HKSN sebagai momentum untuk menjaga tradisi gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.

“Zaman sekarang ini orang terdorong untuk serba instan melakukan sesuatu. Akses kebutuhan yang mudah terpenuhi dengan gadgetnya, mendorong sikap individualistis. Saya khawatir lama-kelamaan budaya gotong royong kita bisa hilang,” tegas Basyid saat dimintai keterangan, Jum’at (21/12/2018).

- Advertisement -

Untuk itu Ketua Dewan Pembina Gerakan Kebangkitan Bangsa tersebut mengajak masyarakat untuk tetap menjaganya. Gotong royong secara sederhana dapat dijaga dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan di lingkungan tempat tinggal masyarakat setempat.

“Sudah jarang kita lihat masyarakat ramai-ramai membersihkan lingkungan tempat tinggalnya. Ayo kita galakkan kembali kebersamaan ini. Tradisi gotong royong harus kita lestarikan. Bangsa ini berdiri di atas kultur kolektivisme,” pungkas Basyid yang juga Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa Provinsi Kepri.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER