Masyarakat Sumsel Apresiasi Pemerintah Berhasil Jalankan Reformasi Birokrasi

MONITOR, Palembang – Aparatur Sipil Negara (ASN) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumsel memadati Halaman Kantor Gubernur Provinsi Sumsel, Kamis (29/11/2018) untuk mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-47 Korpri Tahun 2018.

Tanggal 29 November dijadikan sebagai hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KOPRI) yang diperingati tiap tahun. KOPRI adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD serta anak perusahaan, dan perangkat Pemerintah Desa. Meski demikian, Korpri seringkali dikaitkan dengan Pegawai Negeri Sipil.

Peringatan hari KOPRI menjadi momentum menumbuhkan semangat pengabdian dan pelayanan para Aparatur Sipil Negara (ASN) pada masyarakat. Disisi lain, peringatan ini juga menjadi ajang penilaian masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh ASN, dan sejauh mana komitmen Pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

Amran salah seorang warga yang sedang mengurus perizinan di Kecamatan Plaju, Kota Palembang, Sumatera Selatan memberikan refleksi untuk hari KOPRI 2018. “Pegawai negeri sekarang sudah banyak yang sejahtera. Lumayan berimbas bagus pada kinerja melayani masyarakat, sebagai warga biasa saya merasa Pak Jokowi berhasil dalam membenahi birokrasi kita”, kata Amran saat diwawancarai wartawan di Kantor Kecamatan Plaju, Palembang, Kamis (29/11/2018).

Amran menilai pemerintah Jokowi cukup berhasil melaksanakan reformasi birokrasi, bisa terlihat dari rekrutmen ASN melalui sistem komputer yang menutup ruang Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). “Semua orang punya kesempatan sama untuk jadi PNS ditambah penghargaan kesejahteraan yang tinggi dari Pemerintah, saya berharap hal ini bisa terus berlanjut kedepannya”, pungkasnya.